Penggunaan Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa

Penggunaan Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa – Pada kesempatan ini admin artikelind.com akan berbagi informasi mengenai Penggunaan Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa

Penggunaan Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa

Salah satu komponen pembelajaran yang sangat menentukan kualitas proses pembelajaran TIK di sekolah menengah pertama adalah pendekatan pembelajaran, di antaranya pembelajaran kooperatif. Oleh karena itu, setiap guru dituntut untuk menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan materi pelajaran dengan mempertimbangkan kemampuan guru dan siswa dalam mengikuti pelajaran dengan pendekatan pembelajaran kooperatif.

Penggunaan Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa

Penggunaan Pembelajaran Kooperatif

Djamarah dan Zain (2002: 86) mengemukakan:

Kegagalan pembelajaran salah satunya disebabkan oleh pemilihan metode yang kurang tepat. Kelas yang kurang bergairah dan kondisi anak didik yang kurang kreatif dikarenakan penentuan metode yang kurang sesuai dengan sifat bahan dan tidak sesuai dengan tujuan pengajaran.

Pendapat di atas menegaskan pentingnya penggunaan pendekatan  pembelajaran yang tepat sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai, seperti dalam pembelajaran TIK.  Dalam mempelajari materi pelajaran TIK, siswa dituntut untuk  saling bekerjasama dalam mengerjakan soal-soal praktikum atau bertukar pikiran atau pendapat tentang materi pelajaran TIK. Hal ini mengisyaratkan guru harus dapat menggunakan pendekatan pembelajaran seperti pembelajaran kooperatif agar dapat secara efektif digunakan dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan belajar dan hasil belajar siswa.

Slameto (1995: 65) mengemukakan “agar siswa dapat belajar dengan baik, maka metode mengajar harus diusahakan secara efektif dan efisien, karena metode mengajar mempengaruhi belajar siswa”. Hal ini menunjukkan berarti dalam  meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang dapat berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa, guru harus memperhatikan penggunaan metode atau pendekatan pembelajaran secara efektif, di antaranya model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD dimaksudkan agar proses  pembelajaran TIK dapat berlangsung lebih optimal, karena melibatkan siswa dalam pembelajaran dalam bentuk kerjasama antara siswa. Nasution (2004: 146) mengemukakan “pelajaran di sekolah harus sesuai dengan keadaan masyarakat, dan sifat gotong royong hendaklah dijadikan suatu prinsip yang mewarnai praktek pembelajaran untuk siswa”.

Penggunaan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD dilakukan dengan harapan agar materi pelajaran TIK dapat diterima secara optimal oleh siswa berupa terjadinya transfer pengetahuan dari guru dan antara siswa dalam kelas tentang materi pelajaran yang diajarkan guru mata pelajaran TIK. Penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran TIK akan memungkinkan siswa bekerjasama mengerjakan soal praktikum atau mengkaji materi pelajaran atau permasalahan tertentu, karena mata pelajaran TIK merupakan mata pelajaran yang menekankan pada materi yang menuntut siswa untuk saling bekerjasama, khususnya dalam membahas materi pelajaran sehingga semua siswa dapat sama-sama aktif dan memiliki kemampuan yang merata dalam pendalaman materi pelajaran TIK.

Demikianlah Penggunaan Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa dari admin artikelind.com, semoga bermanfaat. [Ai]

Penggunaan Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa | Admin | 4.5