Penggolongan Teknik Non Tes, Kuesioner (Questionnaire)

Penggolongan Teknik Non Tes, Kuesioner (Questionnaire) – Kuesioner (questionair) atau angket juga sering dikenal sebagai angket. Pada dasarnya angket adalah sebuah daftar pertanyaan yang harus diisi oleh orang yang akan diukur (responden). Dengan kuesioner ini dapat diketahui tentang keadaan/data diri, pengalaman, pengetahuan, sikap atau pendapat seseorang. Pada umumnya tujuan penggunaan anngket atau kuesioner dalam proses pembelajaran terutama adalah untuk memperoleh data mengenai latar belakang peserta didik sebagai salah satu bahan dalam menganalisis tingkah laku dan proses belajar mereka.

Penggolongan Teknik Non Tes, Kuesioner (Questionnaire)

Kuesioner (Questionnaire)

Macam-macam kuesioner yang ditinjau dari beberapa segi yaitu :

a. Ditinjau dari segi siapa yang menjawab, terbagi atas :

  1. Kuesioner langsung, kuesioner dikatakan langsung jika kuesioner tersebut dikirimkan dan diisi langsung oleh orang yang akan dimintai jawaban tentang dirinya.
  2. Kuesioner tidak langsung, kuesioner tidak langsung adalah kuesioner yang dikirimkan dan diisi oleh bukan orang diminta keterangannya. Kuesioner tidak langsung biasanya digunakan untuk mencari informasi tentang bawahan, anak, saudara, tentangga dan sebagainya.

b. Ditinjau dari segi cara menjawab

Ditinjau dari segi cara menjawabnya maka kuesioner dibedakan atas :

  1. Kuesioner tertutup, adalah kuesioner yang disusun dengan menyediakan pilihan jawaban lengkap sehingga pengisi hanya tinggal member tanda pada jawaban yang dipilih.
  2. Kuesioner terbuka, adalah kuesioner yang disusun sedemikian rupa sehingga para pengisi mengemukakan pendapatnya. Kuesioner terbuka disusun apabila macam jawaban pengisi belum terperinci dengan jelas sehingga jawabannya akan beraneka ragam. Keterangan tentang alamat pengisi, tidak mungkin diberikan dengan cara memilih pilihan jawaban yang disediakan. Kuesioner terbuka juga digunakan untuk meminta pendapat seseorang.

c. Daftar cocok (check list)

Yang dimaksud dengan daftar cocok (chek list) adalah deretan pernyataan (yang biasanya singkat-singkat), dimana responden yang dievaluasi tinggal membubuhkan tanda cocok   di tempat yang sudah disediakan. Ada pendapat yang mengatakan bahwa sebenarnya skala bertingkat dapat digolongkan kedalam daftar cocok karena dalam skala bertingkat, responden juga diminta untuk memberikan tanda cocok pada pilihan yang tepat.

Langkah-langkah menyusun angket :

1.    Merumuskan tujuan

2.    Merumuskan kegiatan

3.    Menyusun langkah-langkah

4.    Menyusun kisi-kisi

5.    Menyusun panduan angket

6.    Menyusun alat penilaian

Kelebihan angket antara lain :

  1. Dengan angket kita dapat memperoleh data dari sejumlah anak yang banyak yang hanya membutuhkan waktu yang sigkat.
  2. Setiap anak dapat memperoleh sejumlah pertanyaan yang sama
  3. Dengan angket anak pengaruh subjektif dari guru dapat dihindarkan

Sedangkan kelemahan angket, antara lain :

  1. Pertanyaan yang diberikan melalui angket adalah terbatas, sehingga apabila ada hal-hal yang kurang jelas maka sulit untuk diterangkan kembali
  2. Kadang-kadang pertanyaan yang diberikan tidak dijawab oleh semua anak, atau mungkin dijawab tetapi tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Karena anak merasa bebas menjawab dan tidak diawasi secara mendetail.
  3. Ada kemungkinan angket yang diberikan tidak dapat dikumpulkan semua, sebab banyak anak yang merasa kurang perlu hasil dari angket yang diterima, sehingga tidak memberikan kembali angketnya.

Demikianlah info Penggolongan Teknik Non Tes, Kuesioner (Questionnaire) dari admin artikelind.com, semoga bermanfaat. [Ai]

Penggolongan Teknik Non Tes, Kuesioner (Questionnaire) | Admin | 4.5