Masalah yang Ditimbulkan oleh Pemuaian dalam Kehidupan Sehari-hari

Masalah yang Ditimbulkan oleh Pemuaian dalam Kehidupan Sehari-hari – Proses pemuaian yang terjadi baik pada zat padat, cair dan gas ternyata memiliki efek pada kehidupan manusia. Pada kesempatan ini admin artikelind.com akan berbagi mengenai Masalah yang Ditimbulkan oleh Pemuaian dalam Kehidupan Sehari-hari.

Masalah yang Ditimbulkan oleh Pemuaian dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh pemanfaatan pemuaian adalah pada pemasangan klem/penyambung lempeng baja badan kapal. Lempeng-lempeng baja penyusun badan kapal tidaklah lempeng baja yang utuh, tapi berupa potongan-potongan berbentuk segi empat. Lempengan-lempengan ini disambung satu sama lain dengan diklem. Pemasangan paku klem dilakukan pada suhu panas/membara. Maka setelah paku mendingin, paku akan menyusut sehingga paku akan merekatkan sambungan lempeng dengan sangat erat.

Selain itu, pemuaian juga bermanfaat dalam termostat. Termostat adalah alat pengontrol temperatur. Termostat ini terdiri atas 2 logam yang diklem satu sama lain (direkatkan) menjadi bimetal. Kedua logam mempunyai angka muai panjang yang berbeda. Ketika suhu naik, salah satu logam akan memuai lebih panjang daripada logam yang satunya. Akibatnya bimetal menjadi melengkung, sehingga arus listrik terputus.

a. Pemasangan kaca jendela

Tukang kayu merancang ukuran bingkai jendela yang sedikit lebih besar daripada ukuran sebenarnya. Hal ini dilakukan untuk memberi ruang kaca saat terjadi pemuaian. Apabila desain jendela tidak diberi ruangan pemuaian, maka saat kaca memuai akan mengakibatkan retaknya kaca tersebut.

b. Celah pemuaian pada sambungan jembatan

Sering kamu jumpai sambungan antara dua jembatan beton terdapat celah di antaranya. Hal ini bertujuan agar jembatan tersebut tidak melengkung saat terjadi pemuaian.

c. Sambungan rel kereta api

Sambungan rel kereta api dibuat ada celah diantara dua batang rel tersebut. Hal ini bertujuan agar saat terjadi pemuaian tidak menyebabkan rel melengkung. Rancangan yang sering digunakan sekarang ini sambungan rel kereta api dibuat bertautan dengan ujung rel tersebut dibuat runcing. Penyambungan seperti ini memungkinkan rel memuai tanpa menyebabkan kerusakan.Masalah yang Ditimbulkan oleh Pemuaian dalam Kehidupan Sehari-hari

d. Kawat telepon atau kawat listrik

Pemasangan kawat telepon atau kawat listrik dibiarkan kendor saat pemasangannya pada siang hari. Hal ini dilakukan dengan maksud, pada malam hari kawat telepon atau listrik mengalami penyusutan sehingga kawat tersebut tidak putus.

Contoh cara mengatasi kerugian pemuaian:

  • gelas pecah ketika dituangi air panas ; diatasi dengan pembuaatan gelas dari jenis pyrex yang tahan panas
  • rel melengkung ketika siang hari ; diatasi dengan pemberian ruang muai pada sambungan rel
  • ban meledak ketika pada siang hari yang terik ; ban dipompa tidak terlalu keras
  • jembatan retak-retak pada bagian sambungan ; diberi ruang muai pada sambungannya

Demikianlah info singkat dari admin artikelind.com tentang Masalah yang Ditimbulkan oleh Pemuaian dalam Kehidupan Sehari-hari, semoga bermanfaat. [Ai]

Masalah yang Ditimbulkan oleh Pemuaian dalam Kehidupan Sehari-hari | Admin | 4.5