Manfaat Pisang bagi Kesehatan

Manfaat Pisang bagi Kesehatan – Pisang yang biasa orang identikkan dengan monyet, ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Pisang adalah salah satu buah tropis berkalori tinggi. 100 gram dagingnya mengandung 90 kalori. Selain itu, ini mengandung serat kesehatan yang menguntungkan, anti-oksidan, mineral, dan vitamin.

Buah pisang terdiri dari daging lembut dan mudah dicerna yang terdiri dari gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa sehingga pada saat konsumsi langsung mengisi energi dan merevitalisasi tubuh. Jadi, untuk kualitas ini, ini adalah salah satu gigitan cepat favorit di kalangan atlet untuk mendapatkan energi instan. Ini juga merupakan salah satu makanan suplemen yang direkomendasikan termasuk dalam rencana perawatan untuk anak-anak kurang gizi. Buah pisang memiliki jumlah serat makanan yang larut (7% DRA per 100 gram) yang membantu dalam buang air besar secara teratur; sehingga mengurangi masalah sembelit.Manfaat Pisang bagi Kesehatan

Pisang mengandung kesehatan yang mempromosikan antioksidan poli-fenolik flavonoid seperti lutein, zeaxanthin, alfa, dan beta-karoten; meskipun, dalam jumlah kecil. Bersama-sama, senyawa ini membantu bertindak sebagai pemulung pelindung terhadap radikal bebas yang diturunkan dari oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan berbagai proses penyakit.

Pisang adalah sumber vitamin B6 yang baik (pyridoxine); menyediakan sekitar 28% tunjangan harian yang direkomendasikan. Pyridoxine adalah vitamin B kompleks yang penting yang memiliki peran menguntungkan dalam pengobatan neuritis, dan anemia. Selanjutnya, ini membantu menurunkan homosistein (salah satu faktor pemicu penyakit arteri koroner (PJK) dan episode stroke) di dalam tubuh manusia.

Buah Pisang juga merupakan sumber ideal vitamin C (sekitar 8,7 mg per 100g). Konsumsi makanan kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksius dan mengais radikal bebas oksigen berbahaya.
Pisang segar memberikan kadar mineral yang memadai seperti tembaga, magnesium, dan mangan. Magnesium sangat penting untuk penguatan tulang dan memiliki peran pelindung jantung juga. Mangan dimanfaatkan sebagai co-factor untuk enzim antioksidan, superoxide dismutase. Tembaga merupakan elemen penting dalam produksi sel darah merah.

Pisang segar adalah sumber potasium yang sangat kaya. 100 g buah memberikan 358 mg potassium. Kalium merupakan komponen penting cairan sel dan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, melawan efek berbahaya sodium.

Baca :

Menambahkan pisang dalam menu diet harian, memiliki berbagai manfaat dalam tubuh. Pisang membantu tubuh mencapai tujuan penurunan berat, menjaga perut tetap sehat, memberikan nutrisi yang mengatur irama jantung dan memiliki senyawa vitamin untuk kesehatan mata.

Manfaat Pisang bagi Kesehatan

Berikut ini 4 Manfaat Pisang bagi Kesehatan, silahkan disimak baik-baik.

1. Melancarkan peredaran darah

Pisang memiliki kandungan potasium yang baik untuk peredaran darah. Kandungan kalium mebantu mengatur tekanan darah. Hal ini dapat menekan resiko stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung.

2. Membantu pencernaan pada usus

Serat yang terkandung dalam pisang sangat baik untuk mengurangi resiko sembelit. Tidak perlu menggunakan obat pencahar, cukup konsumsi saja buah pisang. Mencampur pisang dengan segelas susu, membantu mengurangi resiko penyakit usus seperti yang berbahaya seprti terjadiya gejala kanker usus besar. Pisang digunakan untuk menahan inflamasi karena proses tersebut dapat dipercepat dengan vitamin C pisang.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat pisang membantu menjaga kesehatan mata. Pisang memiliki sejumlah vitamin A, yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup juga mengurangi risiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan sehari-hari.

Wanita membutuhkan 700 mikro gram vitamin A setiap hari, dan pria membutuhkan 900 mikro gram Satu pisang sebesar 6 inci, memiliki hampir 10 mikro gram vitamin A. Pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A untuk lebih menjaga kesehatan mata.

4. Menormalkan Fungsi Jantung

Mengkonsumsi pisang saat sarapan setiap hari, akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung. Pisang kaya mineral yang disebut elektrolit kalium. Ketika kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel.

Proses ini terus mengalir di seluruh sistem tubuh, yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak. Dalam kasus kekurangan kalium yang parah, irama jantung mungkin menjadi tidak teratur, yang dapat mematikan.

Demikianlah info Manfaat Pisang bagi Kesehatan dari admin artikelind.com, semoga bermanfaat. [Ai]

Manfaat Pisang bagi Kesehatan | Admin | 4.5