Difraksi Neutron

Difraksi Neutron – Secara umum digunakan untuk menentukan atom berdasarkan contoh: Struktur kristal, Pendek panjangnya jangkauan, penentuan struktur magnetik, penentuan perubahan struktur seperti perubahan temperatur, takanan dan medan magnet.

Beberapa contoh aplikasinya  adalah penempatan atom hidrogen dalam campuran organomethalik ataupun campuran metalik, pengamatan dalam campuran intermetalik, pengamatan terhadap ferrimagnetik, ferromagnetik dan anti ferromagnetik dan penentuan fungsi distribusi radial dalam cairan.

Dilihat dari bentuknya bisa berupa polycrystalline padat, serbuk, kristal tunggal, ukurannya pun dari 1 sampai 10 cm³ untuk  menentukan  struktur serbuk . Sementara untuk kristal tunggal berukuran 0,5  bahkan  sampai beberapa ratus mm³. Difraksi neutron dapat digunakan untuk menyelidiki  ataupun mengukur tegangan sisa dari berbagai material berupa kristal.

Salah satu keunggulan Difraksi Neutron adalah kemampuannya  berinteraksi langsung dengan inti atom sehingga memiliki penampang hamburan yang unik untuk setiap atom, bahkan bagi isotopnya.

Difraksi neutron termasuk karakterisasi mikroskopik, tahapan untuk melakukan eksperimen dan analisis data sangat panjang dan bertahap.

Adapun peralatan hamburan neutron adalah Spektrometri Neutron dimana alat tersebut digunakan penelitian dan pengembangan dibidang material. Difraktormeter neutron, Spektrometer neutron dan sebuah radiograf neutron mampu mengamati features yang berukuran atomik, nanometer, dan bahkan sampai ukuran mikron dimana mampu menentukan sifat dan kemampuan bahan.

Spektrometri Neutron

Spektrometri Neutron

Beberapa  peralatan  Hamburan Neutron  adalah sebagai berikut :

  1. Difraktometer Neutron untuk pengukur sisa teganganDifraktometer Neutron untuk pengukuran sisa tegangan digunakan untuk mengukur tegangan sisa dari berbagai material. Selain itu juga digunakan untuk pengukuran tekstur dan struktur kristal tunggal.
  2. Difraktometer Neutron serbuk resolusi tinggiDifraktometer Neutron serbuk resolusi tinggi memiliki 32 detektor sehingga mempercepat pengambilan pola difraksi sekaligus meningkatkan resolusinya. Serta menentukan  struktur kristal, dan struktur magnetik.
  3. Spektrometer Neutron hamburan sudut kecilSpektrometer neutron hamburan sudut kecil bertujuan untuk mengamati pola hamburan pada sudut kecil sehingga memberikan gambaran tentang features berukuran 1-100 nm pada berbagai jenis bahan (logam,  polimer, keramik dan lain-lain) baik padatan, serbuk, lapisan tipis, hingga larutan.

Demikianlah informasi singkat dari admin artikelind.com tentang Difraksi Neutron, semoga bermanfaat. [Ai]

Difraksi Neutron | Admin | 4.5