Contoh PTK TIK Materi Pokok Perangkat Keras

Contoh PTK TIK Materi Pokok Perangkat Keras – Pada kesempatan ini admin artikelind.com akan berbagi informasi mengenai Contoh PTK TIK Materi Pokok Perangkat Keras. Berikut ini admin berikan review Contoh PTK TIK Materi Pokok Perangkat Keras.

Penelitian Tindakan Kelas

PTK

 

Contoh PTK TIK Materi Pokok Perangkat Keras

BAB I

PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi telah mendorong terjadinya banyak perubahan, hal tersebut banyak menuntut kesiapan sumberdaya manusia yang kompetitif dan berkualitas. Hal tersebut tentu memberikan persepsi perlunya kemajuan dan pengembangan disegala bidang termasuk dalam bidang pendidikan. Dunia pendidikan sangat penting dan tidak dapat terlepas dari kebutuhan manusia itu sendiri.

Untuk mencapai perkembangan di dunia pendidikan maka haruslah pendidikan itu sendiri beradaptasi dengan zaman. Perwujudan masyarakat berkualitas menjadi tanggung jawab dari pendidik, terutama dalam menyiapkan peserta didik manjadi subjek yang semakin berperan menampilkan keunggulan dirinya yang tangguh kreatif dan mandiri serta profesional pada bidang masing-masing.

Kegiatan belajar mengajar merupakan suatu kegiatan yang melibatkan seseorang dalam upaya memperoleh pengetahuan, keterampilan dan nilai – nilai positif  dengan memanfaatkan berbagai sumber untuk belajar. Dan untuk mencapai perwujudan masyarakat yang disebutkan di atas maka ada beberapa unsur yang amat penting di antaranya metode mengajar dan Media Pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media antara lain. tujuan pembelajaran, jenis tugas dan respon yang diharapkan siswa kuasai setelah pembelajaran berlangsung, dan konteks pembelajaran termasuk karateristik siswa.

Khususnya dalam Proses pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Teknologi (TIK) yang cenderung lebih banyak menggunakan laboratorium computer dibanding  di dalam ruang kelas sebagai ruang tempat proses belajar mangajar. Dengan pertimbangan tersebut maka diperlukan media sebagai hal terpenting yang harus dipenuhi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan dan dapat lebih mudah tercapai. Dengan menggunakan media tersebut maka pemilihan metode harus tepat dengan menyesuaikan dengan tujuan pembelajaran. Mengingat di sekolah SMP Muahammadiyah Belawa, media yang tersedia masih sangat terbatas  yang menyebabkan proses pembelajaran terhambat dalam proses penentuan waktu dikarenakan jumlah siswa tidak sebanding dengan jumlah alat yang tersedia. Maka keterampilan guru sangat dibutuhkan dalam mengatasi masalah seperti ini sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai.

Berdasarkan masalah di atas yang melatar belakangi penulis mengangkat sebuah judul Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul Meningkatkan Hasil Belajar TIK Materi Pokok Perangkat Keras Menggunakan Metode Kerja Kelompok bagi Siswa Kelas VII SMP Muahammadiyah Belawa”.

B.Identifikasi Masalah

Dengan pertimbangan di atas, maka kondisi yang dapat disimpulkan  untuk saat ini adalah

Penggunaan metode pembelajaran yang belum tepat

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK

Kurangnya sarana dan prasarana dalam kelas.

C. Rumusan Masalah

Berdasarkan dari latar belakang masalah yang dikemukakan di atas, maka fokus permasalahan yang penulis angkat adalah: Apakah penerapan  metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil  belajar TIK pokok bahasan perangkat keras siswa kelas VII SMP Muahammadiyah Belawa?

D.Hipotesis Tindakan

Dengan penerapan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar TIK pokok bahasan perangkat keras siswa kelas VII SMP Muahammadiyah Belawa.

E.Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian pada PTK ini adalah untuk mengatur waktu dengan jumlah siswa yang berbanding terbalik dengan jumlah media, dengan tujuan memaksimalkan efektivitas waktu pembelajaran TIK pokok bahasan pengenalan Perangkat Keras Siswa Kelas VII SMP Muahammadiyah Belawa melalui penerapan Kerja Kelompok.

F.Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian yang diharapkan pada Penelitian Tindakan Kelas  ini adalah:

  1. Bagi guru peneliti, dapat meningkatkan keterampilan dalam perencanaan dan pengelolaan pembelajaran, terkait dengan pemilihan metode pembelajaran dengan melihat kelemahan-kelemahan ataupun kekurangan yang ada sehingga tujuan pembelajaran tetap dapat tercapai.
  2. Bagi siswa, dengan metode ini siswa mendapat pemerataan dalam menerima pelajaran yang dapat membantu mereka mencapai hasil belajar yang diharapkan pada mata pelajaran tersebut.

Itulah tadi review Contoh PTK TIK Materi Pokok Perangkat Keras, untuk mendownload file wordnya secara lengkap silahkan klik di sini.

Demikianlah Contoh PTK TIK Materi Pokok Perangkat Keras dari admin artikelind.com, semoga bermanfaat. [Ai]

Contoh PTK TIK Materi Pokok Perangkat Keras | Admin | 4.5