Cara Menjaga Kesehatan Badan di Bulan Ramadhan

Cara Menjaga Kesehatan Badan di Bulan Ramadhan – Bulan Ramadhan bagi umat Islam merupakan bulan yang sangat melelahkan karena setiap muslim diwajibkan berpuasa bagi yang sudah memnuhi syarat wajib puasa. Tentunya sangat penting untuk menjaga kesehatan badan, agar bisa berpuasa secara full dalam bulan ramadhan.

Cara Menjaga Kesehatan Badan di Bulan Ramadhan

Di kesempatan ini admin artikelind.com akan membagikan beberapa Cara Menjaga Kesehatan Badan di Bulan Ramadhan.Cara Menjaga Kesehatan Badan di Bulan Ramadhan

1. Melakukan Olahraga Ringan

Salah satu cara menjaga kesehatan selama bulan puasa adalah tetap melakukan olahraga rutin. Hanya saja, Anda harus membatasi porsinya. Bila olahraga dilakukan di siang hari bisa membuat tubuh Anda dehidrasi dan tentunya menguras energi Anda. Saat menjalani puasa, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda selama 15 menit sampai 20 menit ketika menjelang buka puasa.

2. Menggosok Gigi Saat Sahur dan Sebelum Tidur

Ketika berpuasa, tubuh akan membakar cadangan lemak sebagai energi utama dan mampu meningkatkan kadar keasaman darah. Hal itulah yang membuat nafas menjadi berbau tidak sedap. Salah satu cara untuk mengurangi bau mulut yang tidak sedap, jangan sampai lupa untuk menjaga kesehatan mulut dengan cara menggosok gigi setelah sahur dan sebelum tidur malam.

3. Tidur yang Cukup

Ketika berpuasa, bukan hanya memerhatikan asupan makanan saja. Tapi memperhatikan pengaturan pola tidur juga merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan selama bulan puasa. Tidur malam yang baik diperlukan untuk menjaga keseimbangan tubuh Anda untuk menjalani aktivitas setiap hari. Jika tidur malam dirasa kurang cukup, Anda bisa meluangkan waktu tidur 20 sampai 30 menit untuk melakukan power nap di siang hari. Jangan anggap remeh tidur siang. Walau tidur siang Anda singkat, yang penting berkualitas sehingga bisa memulihkan energi Anda.

4. Hindari Tidur Setelah Makan Sahur

Kebanyakan orang sering tidur setelah makan sahur. Salah satu faktor yang menjadi penyebabnya, karena makan sahur saat masih tengah malam atau jauh dari terbit fajar.

Selain tidak mengikuti Sunnah mengakhirkan sahur, shalat Subuh mungkin tak bisa terjaga dengan baik (tidak tepat waktu). Keadaan ini akan rnembuat tubuh menjadi semakin lemas pada siang hari.

5. Hindari Sikap Bermalas-malasan

Bermalas-malasan tidak dianjurkan dalam Islam, apalagi di bulan Ramadhan. Tetaplah aktif melakukan kegiatan sehari-hari, termasuk amalan-amalan yang mendatangkan pahala serta olah raga ringan.

Selain mengerjakan ibadah utama, anda bisa menyibukkan diri dengan beberapa aktivitas sosial yang juga mendatangkan pahala.

6. Mengkonsumsi Makanan Berserat

Perbanyaklah makan sayur dan buah saat berbuka atau sahur. Selain mengurangi kekeringan tubuh (karena kandungan air dalam makanan berserat cukup tinggi), tubuh juga dapat menahan rasa lapar lebih lama dengan makanan berserat.

Hal ini diakibatkan tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan berserat. ; Demikian juga daging hewan berkaki empat dan unggas bisa bertahan lama di perut

7. Banyak Minum Air Putih

Pada malam hari dan saat sahur, perbanyaklah minum air putih, serta selingan dengan bahan berkalori tinggi, misalnya madu, kurma, gula, susu dan lain-lain untuk mencegah dehidrasi atau kekeringan tubuh dari aktifitas di siang hari yang banyak mengeluarkan keringat baik di ruangan terbuka juga di ruangan AC.

Baca :

8. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Perbanyak makanan yang mengandung lima unsur gizi lengkap, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral, agar tubuh tetap sehat. Vitamin yang perlu dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B dan C yang banyak terdapat pada buah berwarna merah atau kuning, sayuran berwarna hijau tua atau kacang- kacangan.

9. Tetap Bersiwak dan Mandi.

Dianjurkan tetap bersiwak, menyiramkan air dingin pada kepala dan juga mandi. Bersiwak atau gosok gigi boleh dilakukan oleh orang yang berpuasa. Demikian juga tidak ada masalah dengan berkumur dan mendinginkan diri pada badannya.

Dalam suatu riwayat disebutkan, Rasulullah pernah menyiramkan air pada kepalanya, sedangkan beliau dalam keadaan berpuasa, karena haus atau panas yang menyengat. Ibarat tanaman, jika kekeringan, maka apabila disiram air, tanaman tersebut akan menjadi segar kembali.

Demikianlah info Cara Menjaga Kesehatan Badan di Bulan Ramadhan dari admin artikelind.com, semoga bermanfaat. [Ai]

Cara Menjaga Kesehatan Badan di Bulan Ramadhan | Admin | 4.5