Cara Mengirim Surat atau Paket Via JNE

Cara Mengirim Surat atau Paket Via JNE – Selain POS yang melayani jasa pengiriman surat atau paket, masih ada perusahaan yang menawarkan jasa serupa yaitu JNE (Jalur Nugraha Ekakurir). Kelebihan dari JNE adalah barang bisa diantarkan ke tempat tujuan walaupuun tempat tersebut tidak memiliki kode POS. JNE biasa digunakan untuk lokasi terpencil yang belum memiliki kode POS. Jika menggunakan POS biasanya barang harus kita ambil sendiri ke kantor POS terdekat.

Cara Mengirim Surat atau Paket Via JNE

Berikut ini beberapa langkah yang harus kita lakukan jika hendak menggunakan jasa pengiriman surat atau paket via JNE.

1. Packing

Jika kita hendak mengirimkan surat atau paket via JNE sebaiknya kita lakukan pemaketan dengan rapi, agar nantinya pada proses pengiriman berlangsung tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada surat atau paket kita. Jika kita hendak mengirimkan surat berharga seperti KTP, Ijazah, STNK atau dokumen penting lainnya hendaknya dibungkus terlebih dahulu dengan menggunakan plastik. Hal ini dimaksudkan agar nantinya barang kita tidak terkena air pasa saat pengiriman berlangsung. Kalau paket kita kirimkan adalah barang yang mudah pecah agar diberikan pengaman terlebih dahulu seperti box agar nantinya bisa menahan guncangan pada proses pengiriman. Tapi ingat gunakan box yang ringan karena sistem pembayaran pengiriman nanti menggunakan berat. Semakin berat akan semakin mahal.

2. Nama Pengirim dan Penerima

Ini yang sangat penting, nama pengirim dan penerima surat atau paket harus jelas. Usahakan memberikan nomor kontak yang bisa dihubungi, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengiriman surat atau paket. Nama pengirim biasanya ditulis dengan jelas di bagian paket beserta nomor kontak yang bisa dihubungi. Sedangkan untuk nama pengirim ditulis di bagian belakang paket. Kita bisa menulis langsung nama pengirim dan penerima atau menempelkan print out nama pengirim dan penerima agar lebih cantik dan rapi.

3. Cek Ongkos Kirim

Sebelum anda datang ke Kantor cabang JNE terdekat, anda bisa memperkirakan harga ongkos kirim dengan cara mengeceknya terlebih dahulu melalui website resmi JNE : www.jne.co.id. Untuk berat barang anda perkirakan saja. Tapi khusus untuk dokumen seperti yang akan saya kirim beratnya tidak lebih dari 1 Kg. Jadi berat barang nantinya akan di bulatkan menjadi 1 kg.

4. Datang ke Kantor JNE.

Setelah memeperkirakan biaya ongkirnya lalu siapakan uangnya dan datang ke kantor JNE terdekat dengan posisi anda berada. Berikan kepada petugas JNE yang bertugas melayani penerimaan barang. Kemudian customer service JNE akan memberitahukan informasi paket Kirim yang tersedia untuk kota atau wilayah penerima barang, estimasi berapa hari barang sampai serta ongkos kirim. Kita juga akan diberikan pertanyaan apakah akan menggunakan asuransi apa tidak. Untuk dokumen atau surat – surat penting seperti yang sudah admin sebutkan di atas, admin sarankan diasuransikan. Nanti biaya asuransi juga akan diberitahukan oleh customer service.Cara Mengirim Surat atau Paket Via JNE

5. Nota Pengiriman dan Nomor Resi.

Sesudah anda membayar biaya pengirimannya maka anda akan diberikan sejenis nota pengiriman barang beserta nomor resi pengiriman. Nomor resi berguna untuk melacak posisi dokumen kita berada. Apa masih berada di cabang, masih proses atau sudah sampai di alamat tujuan penerima. Untuk mengeceknya bisa membuka kembali website www.jne.co.id dan memasukkan nomor resinya.

Baca :

Sampai disini surat atau paket anda sudah dalam proses pengiriman. Anda bisa menghubungi dan memberikan nomor resi tersebut kepada penerima surat atau paket apabila dia juga membutuhkan untuk mengecek sudah sampai di mana paket kita berada.

Demikianlah info Cara Mengirim Surat atau Paket Via JNE dari admin artikelind.com, semoga bermanfaat. [Ai]

Cara Mengirim Surat atau Paket Via JNE | Admin | 4.5