Cara Mengatasi Rambut Mengembang dan Kering

Cara Mengatasi Rambut Mengembang – Mungking anda memiliki masalah dengan rambut mengembang dan kering, bingun bagaimana cara mengatasi rambut mengembang dan kering. Tidak perlu bingun, semua masalah tentu ada solusinya. Di kesempatan ini admin artikelind.com akan berbagi informasi seputar masalh rambut mengembang dan kering.

Cara Mengatasi Rambut Mengembang dan Kering

Memiliki rambut mengembang dan kering seolah menjadi mimpi buruk bagi sebagian kaum hawa. Namun, beberapa cara seperti rutin menggunakan kondisioner setelah keramas, memilih sampo yang tepat sesuai jenis rambut, hingga menggunakan minyak kelapa atau minyak jojoba pada rambut rupanya mampu mengatasi rambut mengembang dan kering yang Anda alami, lho.

Cara Mengatasi Rambut Mengembang dan Kering

Rambut Mengembang dan Kering

Memang, masalah rambut kerap tidak ada habisnya, terlebih rambut yang susah diatur karena mengembang dan kering. Rambut mengembang dan kering itu tidak hanya mengganggu penampilan, namun juga dapat mengurangi rasa percaya diri Anda tentunya.

Penyebab Rambut Mengembang dan Kering

Kendati setiap bulan rambut Anda selalu tumbuh, namun rambut Anda hanya tumbuh sekitar 3,8 cm saja. Rambut yang kering akan membuatnya menjadi mengembang seperti singa dan membuatnya sulit untuk diatur. Tentunya, Anda tidak ingin memiliki rambut mengembang dan kering, bukan? Untuk itu, Anda harus merawat rambut Anda agar selalu sehat dan berkilau seperti model iklan sampo di televisi.

Baca : 

Rambut Anda menjadi kering karena kulit kepala Anda tidak dapat memproduksi minyak kepala yang cukup untuk melembapkan rambut Anda, atau rambut Anda kehilangan kelembapannya. Seiring bertambahnya usia, rambut Anda secara alami akan memproduksi lebih sedikit minyak. Kulit kepala yang kering akan membuat rambut Anda menjadi kering pula.

Selain itu, beberapa masalah yang dapat membuat rambut mengembang dan kering adalah terlalu sering mencuci rambut atau menggunakan sampo berbahan keras sehingga membuat minyak alami rambut Anda menghilang; sering mengeringkan atau melakukan blow pada rambut; kerap menggunakan pelurus dan pengeriting rambut; rambut Anda terlalu sering terpapar sinar matahari, angin, atau udara yang kering; terlalu sering melakukan perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia, seperti pewarnaan dan melakukan pengeritingan atau pelurusan rambut secara permanen.

8 Cara Mengatasi Rambut Mengembang dan Kering

Setelah mengetahui beberapa penyebab rambut mengembang dan kering, berikut adalah cara mengatasi rambut mengembang dan kering, di antaranya:

  1. Jika rambut mengembang dan kering, Anda bisa mencoba menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun bisa melembutkan, memperkuat hingga ke batang rambut, dan mempertahankan kelembapan rambut. Minyak zaitun juga dipercaya mampu membuat rambut Anda bersinar, karena minyak ini menghaluskan kultikula luar rambut.
  2. Minyak chamomile dan minyak kelapa. Kedua minyak ini dapat membuat rambut Anda tampak bersinar serta membuatnya lembut. Selain itu, minyak chamomile dapat menenangkan kulit kepala Anda. Cara pemakaiannya cukup mudah, yakni dengan mengoleskan minyak di rambut Anda, tutup kepala Anda menggunakan topi handuk atau shower cap, tunggu selama kurang lebih 30 menit, lalu cuci hingga bersih.
  3. Minyak jojoba dapat berguna untuk melembapkan, menambah nutrisi, dan merangsang kulit kepala Anda. Cara menggunakan minyak jojoba sama dengan pemakaian minyak lainnya.
  4. Selalu gunakan sampo sesuai dengan tipe rambut. Gunakan jenis sampo berbahan ringan yang dibuat khusus untuk membantu rambut kering, yang mengandung sedikit deterjen (pembersih). Selain itu, pilih produk rambut yang tidak mengandung alkohol, karena alkohol bisa membuat rambut Anda kering.
  5. Setelah menggunakan sampo, jangan lupa untuk menambahkan kondisioner. Kondisioner dapat membuat kultikula tetap mengandung minyak alami.
  6. Jangan terlalu sering mencuci rambut Anda. Anda bisa mencuci rambut satu hingga dua kali dalam seminggu, tidak perlu setiap hari.
  7. Lindungi rambut Anda dari panas dan paparan sinar matahari terlalu lama. Jika Anda tinggal di iklim yang kering, pakailah topi ketika Anda pergi ke luar ruangan. Gunakan penutup kepala saat mandi atau ketika berenang di kolam renang/laut, untuk menghindari rambut Anda dari klorin dan air garam.
  8. Selain itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat, seperti ikan salmon untuk rambut tampak bercahaya, sayur bayam untuk rambut yang rapuh, dan jambu biji untuk mencegah kerusakan rambut.

Setelah Anda menerapkan berbagai cara mengatasi rambut mengembang dan kering yang telah dipaparkan di atas, namun rambut Anda masih kering dan rapuh, cobalah untuk konsultasikan ke dokter. Karena beberapa penyakit seperti anoreksia nervosa, malnutrisi, sindrom Menkes, hipotiroidisme, dan hipoparatiroidisme dapat membuat rambut Anda menjadi kering.

Demikianlah info Cara Mengatasi Rambut Mengembang dan Kering dari admin artikelind.com, semoga bermanfaat. [Ai]

Cara Mengatasi Rambut Mengembang dan Kering | Admin | 4.5