Kewajiban Audit Energi dalam Dunia Bisnis

Kewajiban Audit Energi dalam Dunia Bisnis - Pemerintah sedang menggalakkan semua lini masyarakat untuk berhemat energi. Salah satu kebijakannya adalah dengan mewajibkan para pelaku industri dan perkantoran untuk melakukan efisiensi energi listrik. Agar bisa mencapai tingkat efisiensi, para pelaku bisnis ini harus menjalankan audit energi listrik. Kemudian hasilnya bisa jadi bahan untuk kebijakan penghematan energi. 
Kewajiban Audit Energi dalam Dunia Bisnis

Mengenal Audit Energi

Audit energi adalah sebuah proses penilaian pemanfaatan energi, peluang penghematan, dan juga pemberian arahan peningkatan efisiensi penggunaan energi pada sebuah perusahaan. Audit energi diperlukan untuk menjaga agar perusahaan ataupun industri tetap menggunakan energi dari bahan bakar fosil yang terukur dan terarah. 

Aktivitas pengelolaan energi secara terukur ini dikenal dengan sebutan energy accounting. Apa saja keuntungan jika sebuah perusahaan mau menjalankan audit energi? 
  1. Perusahaan bisa tahu peralatan, unit, atau bagian mana saja dalam lingkup usahanya yang mengkonsumsi lebih banyak energi listrik daripada batas normal yang harusnya digunakan. 
  2. Perusahaan bisa tahu apa sebenarnya penyebab pasti terjadinya pemborosan energi listrik tersebut. 
  3. Perusahaan jadi tahu berapa potensi penghematan energi listrik yang bisa dilakukan tanpa mengurangi produktivitasnya. 
  4. Perusahaan punya gambaran berapa dampak positif yang bisa dihasilkan dari pengurangan biaya produksi karena penghematan listrik. 
  5. Perusahaan bisa melakukan efisiensi penggunakan listrik dan BBM untuk mendukung kelestarian lingkungan. 
  6. Perusahaan bisa menggunakan teknologi ramah lingkungan sesuai dengan saran audit energi. 

Siapa yang Bisa Melakukan Audit Energi?

Audit energi harus dilakukan oleh pihak yang kredibel dan profesional. Perusahaan tidak bisa melakukan audit pada usahanya sendiri. Audit energi ini harus dilakukan oleh pihak luar yang independen dan bisa menilai secara objektif. Jadi Anda harus bermitra dengan perusahaan lain yang bergerak dalam bidang audit energi. 

Salah satu perusahaan yang bisa Anda percaya adalah PT. Sumberdaya Sewatama. Perusahaan ini telah 27 tahun bergerak dalam bidang power solution, terutama kelistrikan. Sewatama bisa dipercaya untuk melakukan perhitungan dan analisis yang akurat dalam proses audit energi di perusahaan Anda. Sewatama juga bisa memberikan solusi penghematan energi sesuai dengan pengalamannya. 

Anda bisa berkunjung ke website https://sewatama.com/id/ untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai audit energi. Anda bisa menjalin kerjasama secepatnya agar bisa menerapkan kebijakan efisiensi energi sesuai kebijakan dari pemerintah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kewajiban Audit Energi dalam Dunia Bisnis