Tips Merawat Penyembuhan Luka

Tips Merawat Penyembuhan Luka – Luka setelah operasi seringkali terganggu, karena satu dan lain hal, bila proses penyembuhan terganggu, maka dapat mengakibatkan penyembuhan luka yang terlambat hingga infeksi pada daerah luka operasi yang ditandai dengan adanya pengeluaran sekret dari luka. Pengeluaran sekret ini dapat berupa cairan serous kekuningan, darah, hingga nanah. Apabila Kamu melihat kasa penutup luka operasi berubah warna, segeralah kembali ke dokter untuk memeriksakan keadaan luka operasi Kamu. Adapun ada beberapa faktor yang mempengaruhi penyembuhan luka, diantaranya faktor hygiene pasien, faktor gizi, dan faktor penyakit penyerta. Penting bagi pasien pasca operasi menjaga kebersihan daerah luka dan sekitarnya. Apabila luka ditutup dengan perban anti air, maka pasien diharuskan saat mandi untuk membersihkan daerah sekitar luka, namun jika perban yang digunakan bukan anti air, maka pertimbangkan untuk menutupinya dengan plastik agar tidak basah. Umumnya luka di daerah kulit akan menutup kembali dalam 3-7 hari. Artinya setelah 7 hari, seharusnya jahitan sudah dapat dilepas dan luka tidak perlu ditutup dengan kasa lagi.

Seperti yang telah disebutkan Manfaat multivitamin setelah operasi, dapat membantu dalam proses pembangunan jaringan baru. Sama seperti membangun sebuah rumah, jika Kamu hanya menyusun bata untuk dinding rumah tanpa direkatkan menggunakan semen, maka saat angin bertiup kencang batu bata tersebut akan jatuh berserakan. Demikian pula dengan jaringan baru yang terbentuk tanpa disertai dengan asupan protein yang cukup. Pada pasien-pasien yang mendapatkan pantangan tidak boleh makan daging, ikan, dan telur setelah operasi, seringkali didapati luka operasi lebih lama sembuhnya. Oleh karena itu penting untuk mengonsumsi protein yang cukup setelah operasi, seperti daging, ikan dan telur, kecuali jika alergi dengan bahan makanan tersebut.

Kamu dapat menggantinya dengan protein nabati, seperti tahu dan tempe. Selain itu, perlu diketahui pula penyakit penyerta yang mungkin dapat mengganggu proses penyembuhan, seperti darah tinggi, kencing manis, dan anemia. Apabila tidak diatasi, maka seringkali luka tidak dapat menyembuh dengan baik. Penyembuhan pasca operasi cesar kamu bisa mengkonsumsi Multivitamin dan mineral penting sejak awal kehamilan, agar luka setelah operasi sesar bisa cepat pulih.

Tips Merawat Penyembuhan Luka | Admin | 4.5