Pengertian Sendi dan Jenis-jenis Sendi

Pengertian Sendi dan Jenis-jenis Sendi - Tulang sebagai penyusun sistem gerak manusia sangat keras serta tidak dapat dibengkokkan. Ternyata, itu semua terjadi karena pada penyusun sistem gerak kita terdapat sendi. Pengertian Sendi adalah tempat bertemunya dua tulang atau lebih. Dengan adanya sendi, hubungan antara tulang-tulang tubuh dapat digerakkan.


Tahukah kamu bahwa sendi dapat dikelompokkan berdasarkan banyak sedikitnya gerakan yang memungkinkan dilakukan? Sendi yang tidak dapat digerakkan disebut dengan sinartrosis, misalnya sendi yang terdapat pada tulang tengkorak. Perhatikan Gambar berikut!




[caption id="attachment_20148" align="aligncenter" width="248"]Sendi yang Tidak Dapat Digerakkan (Sendi Mati) Sendi yang Tidak Dapat Digerakkan (Sendi Mati)[/caption]

Sendi yang dapat digerakkan namun terbatas disebut dengan amfiartrosis, misalnya sendi antarruas tulang belakang. Sendi yang dapat digerakkan dengan bebas disebut dengan diartrosis.



Jenis-jenis Sendi


Berikut ini beberapa jenis persendian yang dapat digerakkan dengan bebas.


a. Sendi Peluru


Sendi peluru menghubungkan antara satu tulang yang mempunyai satu ujung bulat yang masuk ke ujung tulang lain yang berongga seperti mangkok. Sendi ini dapat membentuk gerakan sangat bebas. Contoh sendi peluru adalah sendi antara tulang lengan atas dan tulang belikat, serta antara tulang pinggul dan tulang paha. Adanya sendi ini memungkinkan tulang-tulang tersebut dapat diayunkan ke arah manapun. Perhatikan Gambar berikut!




[caption id="attachment_20149" align="aligncenter" width="290"]Sendi Peluru Sendi Peluru[/caption]

b. Sendi Engsel


Tipe sendi ini mempunyai gerakan satu arah, ada yang ke depan dan ada yang ke belakang seperti engsel pintu. Contoh sendi engsel antara lain sendi-sendi pada siku dan lutut. Perhatikan Gambar berikut!




[caption id="attachment_20150" align="aligncenter" width="303"]Sendi Engsel Sendi Engsel[/caption]

Sendi ini memiliki ruang gerak yang lebih sempit dibandingkan sendi peluru.


c. Sendi Putar


Pada sendi putar salah satu tulang berfungsi sebagai poros dan ujung tulang yang lain berbentuk cincin yang dapat berputar pada poros tersebut. Contohnya adalah persendian yang terdapat di antara tulang tengkorak dengan tulang leher. Perhatikan Gambar berikut!




[caption id="attachment_20151" align="aligncenter" width="295"]Sendi Putar Sendi Putar[/caption]

Sendi tersebut memungkinkan kepala kita dapat memutar, mengangguk, serta menggeleng.


Baca :

d. Sendi Pelana


Pertemuan antara dua tulang yang berbentuk seperti pelana disebut dengan sendi pelana. Sendi ini dapat menggerakkan tulang ke dua arah, yaitu muka-belakang dan ke samping. Contoh sendi ini adalah pada pangkal ibu jarimu. Perhatikan Gambar berikut!




[caption id="attachment_20152" align="aligncenter" width="293"]Sendi Pelana Sendi Pelana[/caption]

e. Sendi Geser


Sendi geser menghubungkan antara dua tulang yang memiliki permukaan yang datar. Prinsip kerja sendi ini adalah satu bagian tulang bergerak menggeser di atas tulang lain. Perhatikan Gambar berikut!




[caption id="attachment_20153" align="aligncenter" width="296"]Sendi Geser Sendi Geser[/caption]

Sendi geser juga memungkinkan tulang bergerak ke depan dan ke belakang. Contoh sendi geser berada pada tulang-tulang pergelangan tangan dan pergelangan kaki dan di antara tulang belakang. Sendi ini merupakan sendi yang paling sering digunakan dalam melakukan aktivitas sehari-hari, misalnya mengambil buku, naik tangga, makan, dan beberapa aktivitas lainnya. [Ai]

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Sendi dan Jenis-jenis Sendi