Jenis-jenis Besaran Dalam Fisika

Jenis-jenis Besaran Dalam Fisika - Pada umumnya besaran dalam fisika dapat berdasarkan satuannya dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :


1. Besaran Turunan


2. Besaran Pokok


Jenis-jenis Besaran Dalam Fisika

Besaran Pokok


Besaran pokok adalah besaran yang berdiri sendiri dan tidak diturunkan dari besaran lain. Sesuai dengan kesepakatan Sistem Internasional (SI) yang termasuk ke dalam besaran ada 7, yakni :


1. Massa (Kg)


2. Panjang (m)


3. Waktu (s)


4. Suhu (K)


5. Kuat Arus (A)


6. Intensitas Cahaya (candela)


7. Jumlah Zat (mol)


Sampai saat ini, dalam fisika dikenal ada 7 macam besaran pokok, yaitu besaran panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus listrik, intensitas cahaya, dan jumlah zat (molekul).



Besaran Turunan


Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok, dengan kata lain semua besaran kecuali yang termasuk ke dalam besaran pokok di atas merupakan besaran turunan. Mengukur besaran turunan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pengukuran langsung dan tidak langsung (dihitung menggunakan rumus). Untuk besaran-besaran turunan yang bentuknya tidak teratur, seperti volum zat cair dan volum benda padat, nilainya diperoleh dari pengukuran langsung. Sedangkan untuk besaran-besaran turunan yang bentuknya teratur seperti luas persegi dan volum balok, nilainya dapat diperoleh melalui hitungan menggunakan rumus (pengukuran tidak langsung).


Berikut beberapa contoh besaran turunan sebagai berikut :


Kecepatan  V = S/t


    di mana : V = Kecepatan (m/s)


                   S = Perpindahan (m)


                    t = Waktu tempuh (s)


Di sini bisa dilihat kecepatan merupakan besaran turunan dengan dibentuk dari dua besaran pokok (panjang dan waktu).


Berdasarkan nilai dari besaran dibedakan menjadi dua, yaitu :


1. Besaran Skalar


2. Besaran Vektor



Besaran Skalar


Besaran skalar adalah besaran yang hanya memiliki nilai atau besar saja, Jadi ketika kita hendak menyatakan sebuah besaran skalar, cukuplah kita nyatakan angka/nilainya saja. Semua anggota besaran pokok masuk dalam kategori besaran skalar. Contoh besaran skalar lainnya adalah kelajuan, luas, massa jenis, dan lain-lain.



Besaran vektor 


Besaran vektor adalah besaran yang memiliki nilai dan sekaligus memiliki arah, contoh : kecepatan, gaya, medan listrik, medan magnet. Beberapa contoh dari besaran vektor antara lain, kecepatan, percepatan, dan gaya. Semua besaran ini selain dinyatakan dengan angka, harus juga dinyatakan arahnya.


Demikianlah info Jenis-jenis Besaran dalam Fisika dari admin artikelind.com, semoga bermanfaat. [Ai]

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis-jenis Besaran Dalam Fisika