Transaksi Pasar Valuta Asing

Transaksi Pasar Valuta Asing – Pada kesempatan ini admin artikelind.com akan berbagi informasi mengenai Transaksi Pasar Valuta Asing. Di sini admin akan membagikan beberapa jenis transaksi yang biasanya orang lakukan pada kegiatan Valas.

Pasar Valuta Asing atau yang biasa disebut Valas, adalah pertukaran uang dari nilai mata uang yang berbeda. Valuta asing merupakan suatu mekanisme di mana orang dapat mentransfer daya beli antarnegara, memperoleh atau menyediakan kredit untuk transaksi perdagangan internasioanal, dan meminimalkan kemungkinan resiko kerugian (exposure of risk) akibat terjadinya fluktuasi kurs suatu mata uang.

Transaksi Pasar Valuta AsingBerikut Jenis-jenis Transaksi Pasar Valuta Asing : 

1 . TRANSAKSI SPOT

Transaksi SPOT adalah transaksi yang melibatkan dua jenis mata uang yang berbeda dengan nilai yang telah disepakati. Penyelesaian transaksi ini biasanya memakan waktu dua hari kerja setelah tanggal transaksi. Misalnya sebuah bank menetapkan nilai tukar mata uang EURO terhadap US Dollar adalah 1.2235 / 1.2240. Ini berarti bank tersebut bersedia membeli US$ 1 pada harga 1.2235 dan bersedia menjual US$ 1 pada harga 1.2240. Perbedaan antara harga jual dan beli ini dikenal dengan istilah Spread. Pada contoh diatas spread dari nilai tukar EUR / USD adalah sebesar 1.2240 — 1.2235 = 5 point.

2. TRANSAKSI FORWARD

Transaksi FORWARD adalah transaksi terjadi antara dua pihak yang meliputi mata uang dari dua negara yang berbeda. Transaksi ini dapat dilakukan diluar bursa (Over the Counter), berdasarkan suatu nilai tukar tertentu dan kesepakatan antara pihak-pihak yang bertransaksi yang dapat diubah oleh kedua pihak melalui suatu kesepakatan dengan waktu jatuh tempo transaksi yang lebih panjang jika dibandingkan transaksi SPOT, waktu jatuh tempo pada umumnya berkisar antara 30, 90, 180 dan 360 hari.

3. TRANSAKSI SWAP

Transaksi Swap merupakan suatu transaksi yang merupakan pertukaran dua mata uang dalam sate periode waktu tertentu melalui mekanisme pembelian dengan tanggal spot sekaligus penjualan kembali di waktu yang akan datang dengan tanggal forward atau sebaliknya penjualan dengan tanggal forward serta pembelian kembali dengan tanggal spot.

Baca :

Demikianlah info singkat dari artikelind.com tentang Transaksi Pasar Valuta Asing, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda dalam masalah Vlalas. [Ai]