Tips Merawat Kamera

Tips Merawat Kamera – Berikut ini beberapa tips merawat kamera atau cara merawat kamera kesayangan Anda agar tetap awet dan tahan lama menemani Anda mengabadikan keindahaan dalam sebuah Foto

1. Cara menyimpan :

Bersihkan kamera setiap habis digunakan, juga saat sebelum menyimpannya. Keluarkan baterai dari dalam kamera untuk menghindari over charger. Jika Anda bepergian, simpanlah kamera dalam wadah khusus berbahan lembut, tebal, dan pas dengan ukuran kamera untuk menjaganya dari goncangan.

2. Tempat Penyimpanan :

Kamera sangat peka terhadap kondisi panas atau lembab. Oleh karena itu, simpanlah kamera di tempat yang sejuk. Ada lemari khusus penyimpan kamera, di samping untuk menjaga suhu, juga untuk melindungi kamera dari debu. Namun, harga lemari khusus ini masih relatif mahal. Atau anda bisa menyimpannya di lemari kaca / kayu yang lebih murah. Pasangkan lampu 5 watt di dalamnya dan atur jarak dari lampu ke kamera anda sekitar 40 cm agar suhu di dalam lemari bisa tetap sejuk. Letakkan beberapa silica gel untuk menghindari jamur.

3. Hindari sinar matahari berlebihan :

Kamera juga rawan terhadap sinar matahari berlebih, karena bisa merusak komponen elektronik di dalamnya, apalagi jika kamera berbahan dasar plastik atau karet.

4. Hindari kapur barus :

Kapur barus memiliki efek yang sangat menakutkan bagi kamera. Kapur barus dapat merusak PBC (Printed Circuit Board) yaitu tempat di mana chip elektronik kamera itu terpasang. Uap-nya saja bisa membuat flek-flek pada lensa kamera anda. Biasanya, kerusakan pada kamera yang disebabkan oleh kapur barus, sangat sulit diperbaiki, bahkan mungkin tidak bisa diperbaiki lagi.

5. Hindari air Laut :

Jauhkan kamera dari cipratan air laut, karena bisa menyebabkan karat. Bersihkan kamera dari butir-butir pasir yang mengandung zat garam, segera setelah dipakai hunting di pantai.

6. Bersihkan kamera :

Bersihkan kamera anda usai digunakan atau setidaknya seminggu sekali. Gunakan lap halus khusus kamera atau yang biasanya di pakai mengelap kacamata. Untuk membersihkan body dan bagian luar lensa untuk bagian depan lensa dan filternya Anda bisa menggunakan tisu basah khusus pembersih lensa. Sementara itu, untuk membersihkan debu gunakanlah kuas halus atau kuas rias, dan untuk bagian dalam kamera gunakanlah blower khusus kamera. Semua peralatan di tersebut bisa anda dapatkan di toko kamera terdekat.

Baca :

7. Servis berkala :

Lakukan servis secara berkala jangan tunggu sampai kamera anda rusak baru di servis. servislah kamera anda di tempat yang resmi, apabila anda bukan tukang servis kamera jangan sekali-kali membongkar kamera anda sendiri jika anda tidak memiliki kemampuan.[Ai]

Tips Merawat Kamera | admin | 4.5