Termometer Alat untuk Mengukur Suhu

Termometer Alat untuk Mengukur SuhuAlat untuk Mengukur Suhu Ruangan disebut Termometer, disamping mengukur suhu rungan juga digunakan mengukur suhu lain seperti suhu badan. Termometer pertama kali ditemukan oleh Galileo Galilei (1564-1642). Termometer ini disebut termometer udara. Termometer udara terdiri dari sebuah bola kaca yang dilengkapi dengan sebatang pipa kaca panjang. Pipa tersebut dicelupkan ke dalam cairan berwarna. Ketika bola kaca dipanaskan, udara di dalam pipa akan mengembang sehingga sebagian udara keluar dari pipa. Namun, ketika bola didinginkan udara di dalam pipa menyusut sehingga sebagian air naik ke dalam pipa. Termometer udara peka terhadap perubahan suhu sehingga suhu udara saat itu dapat segera diketahui. Meskipun peka terhadap perubahan suhu, namun termometer ini harus dikoreksi setiap terjadi perubahan tekanan udara.Termometer Alat untuk Mengukur Suhu

Termometer yang banyak digunakan sekarang adalah termometer raksa. Disebut termometer raksa karena di dalam termometer ini terdapat air raksa. Fungsi raksa adalah sebagai penunjuk suhu. Raksa akan mengembang bila termometer menyentuh benda yang lebih hangat dari raksa. Raksa memiliki beberapa keunggulan diantaranya:

  1. Peka terhadap perubahan suhu. Suhu raksa segera sama dengan suhu benda yang ingin diukur.
  2. Dapat digunakan untuk mengukur suhu rendah (-40 ºC) sampai suhu tinggi (360 ºC). Hal ini disebabkan titik beku raksa mencapai -40 ºC dan titik didihnya mencapai 360 ºC.
  3. Tidak membasahi dinding kaca sehingga pengukuran bisa menjadi lebih teliti.
  4. Mengkilap seperti perak sehingga mudah terlihat.
  5. Mengembang dan memuai secara teratur.

Selain raksa, alkohol juga dapat digunakan untuk mengisi termometer, kelebihannya yaitu dapat mengukur suhu yang sangat rendah (mencapai -130 ºC) karena titik beku alkohol yang lebih rendah dibandingkan raksa, namun termometer alkohol tidak dapat digunakan untuk mengukur air mendidih karena titik didih alkohol hanya 78 ºC.

Macam-macam temometer bisa kita kelompokka berdasarkan bahan yang digunakan sebagai indikator kenaikan suhu.

  • Termometer dengan bahan zat cair : Termometer Laboratorium, Termometer Ruang, Termometer Klinis, Termometer Six-Bellani
  • Termometer dengan bahan zat padat : Termometer Bimetal, Termometer Hambatan, Termokopel
  • Termometer dengan bahan gas : Termometer yang volume gas tetap dan Termometer tekanan gas tetap.
  • Termometer optis :Pirometer, Termometer inframerah

Jadi, jika sekarang anda ditanya Alat untuk Mengukur Suhu Ruangan? Anda akan dengan mudah menjawabnya. Alat untuk Mengukur Suhu Ruangan di sebut termometer dan termometer itu memiliki fungsi utama mengukur suhu. Bukan hanya suhu ruangan tapi semua suhu bisa diukur, tentunya termometer yang digunakan juga berbeda. Karena ternyata termometer sebagai alat ukur suhu juga memiliki berbagai macam bentuk dan bahan yang digunakan sebagai indikator kenaikan suhu.

Demikianlah info Termometer Alat untuk Mengukur Suhu dari admin artikelind.com, semoga bermanfaat. [Ai]

Termometer Alat untuk Mengukur Suhu | Admin | 4.5
Leave a Reply