Sektor-sektor Wirausaha, Manfaat, Peran dalam Ekonomi

Sektor-sektor Wirausaha – Pada kesempatan ini admin Artikelind.com akan berbagi informasi mengenai Sektor-sektor Wirausaha, Manfaat Wirausah dan Peran Wirausaha dalam Ekonomi. Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Syarata-syarat Wirausaha dan sekarang kita akan kembali belajar masih tentang Wirausaha. Ok langsung saja kita simak bersama penjelasan berikut ini.

Sektor-sektor Wirausaha

Sektor-sektor Wirausaha

Sektor-sektor yang dapat dimasuki Wirausaha

Sektor-sektor yang dapat dimasuki wirausaha sangat banyak dan luas, mulai dari lingkup yang kecil sampai yang besar. Secara umum, sektor yang dimasuki wirausaha adalah sektor ekonomi formal dan ekonomi informal. Mengapa wirausaha cenderung memasuki sektor ekonomi formal dan ekonomi informal? Perhatikan penjelasan berikut ini.

a. Sektor Ekonomi Formal

Dalam sektor ekonomi formal ini, wirausaha menggunakan modal yang besar dan mempunyai kepastian hukum. Kegiatan bidang ekonomi formal terlihat dalam bentuk perusahaan yang memproduksi barang maupun jasa. Kemajuan usaha yang ditekuni wirausaha terlihat dalam kuantitas barang dan jasa yang dikelolanya. Contoh: perusahaan jasa angkutan, perusahaan jasa periklanan, perusahaan distribusi, perusahaan industri pakaian jadi, perusahaan percetakan, dan perusahaan porperti.

b. Sektor Ekonomi Informal

Lain halnya dengan wirausaha yang bergerak di sektor ekonomi formal. Wirausaha yang bergerak di sektor ekonomi informal merupakan usaha perseorangan yang berskala kecil. Namun, pengelolaan yang baik atas sektor ini dapat memberikan nilai ekonomi yang cukup tinggi. Contoh: jasa kontrakan rumah, jasa laundry, usaha mengumpulkan barang-barang bekas dan puing-puing, pedagang kaki lima, tukang bakso, tukang tambal ban, warung nasi, dan pedagang sayur keliling.

Bagaimanakah cara membedakan wirausaha yang bergerak dalam sektor ekonomi formal dan ekonomi informal? Wirausaha yang menekuni sektor ekonomi formal terlihat dalam ciri-ciri berikut:

a. memiliki izin resmi dari pemerintah,

b. kegiatan yang dilakukan dikenakan pajak,

c. memerlukan modal yang cukup besar,

d. umumnya berada di daerah perkotaan,

e. melaksanakan sistem pembukuan dengan baik.

Setelah Anda mengetahui ciri-ciri wirausaha yang bergerak di sektor ekonomi formal, sekarang perhatikan ciri-ciri wirausaha yang bergerak di sektor ekonomi informal berikut ini:

a. modal yang dimiliki relatif kecil,

b. pencatatan atau administrasi sangat sederhana,

c. harga barang yang dihasilkan umumnya murah,

d. usahanya tidak memiliki izin resmi,

e. peralatan yang digunakan sangat sederhana,

f. keuntungan tidak dikenakan pajak,

g. keuntungan langsung dapat dinikmati.

Dapatkah Anda menyebutkan sektor usaha yang lain? Nah, Anda tidak perlu khawatir akan sempitnya lapangan kerja karena Anda dapat menciptakannya sendiri. Anda tinggal memilih bidang usaha yang tepat dengan jiwa dan karakter Anda. Namun, Anda perlu memiliki berbagai pertimbangan untuk memilih bidang usaha untuk berwirausaha. Pertimbangan dalam memilih alternatif bidang usaha bagi wirausaha tersebut adalah sebagai berikut.

a. Kepandaian kita dalam berusaha belum tentu berguna bagi orang lain.

b. Keberhasilan orang lain belum tentu dapat kita ikuti.

c. Kesukaran dalam usaha di masa lalu, belum tentu dapat diulangi di masa sekarang.

d. Bidang usaha yang dapat berkembang di satu tempat, belum tentu dapat berkembang di tempat lain.

e. Adanya kesempatan dalam lingkungan, yaitu:

  • banyaknya permintaan terhadap produk tertentu,
  • sedikitnya saingan dalam usaha yang kita jalankan,
  • adanya kemampuan kita dalam mengelola dan memenuhi permintaan yang ada,
  • teridentifikasinya permintaan masyarakat, jelas jenis, dan jumlah permintaannya.

Manfaat Adanya para Wirausaha

Wirausaha banyak terdapat di sekitar kita. Mulai dari sektor ekonomi formal maupun informal. Pernahkah Anda menyadari bahwa wirausaha di sekitar Anda memberikan manfaat? Coba Anda cermati, manfaat apa yang dapat Anda peroleh dengan adanya wirausaha di sekitar lingkungan Anda? Apakah mereka memberikan manfaat seperti di bawah ini?

Baca : Tujuan Koperasi Sekolah

Para wirausaha yang tinggal dan bersosialisasi dengan orang lain dalam lingkungannya pastilah memberikan manfaat atau keuntungan, di antaranya, adalah sebagai berikut.

  • Berusaha memberi bantuan kepada orang lain dan pembangunan sosial sesuai dengan kemampuannya.
  • Menambah daya tampung bagi tenaga kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran.
  • Memberi contoh bagaimana harus bekerja keras, tekun, namun tidak melupakan perintah agama.
  • Menjadi contoh bagi anggota masyarakat sebagai pribadi, unggul yang patut diteladani.
  • Sebagai generator pembangunan lingkungan, pribadi, distribusi, pemeliharaan lingkungan, dan kesejahteraan.
  • Berusaha mendidik para karyawannya menjadi orang yang mandiri, disiplin, tekun, dan jujur dalam menghadapi pekerjaan.
  • Berusaha mendidik masyarakat agar hidup secara efisien, tidak berfoya-foya, dan tidak boros.

Berbagai manfaat keberadaan wirausaha di atas tentulah Anda pernah merasakannya. Untuk mengetahui manfaat yang ditimbulkan atas keberadaan wirausaha tersebut, Anda dapat membandingkan kondisi lingkungan Anda sebelum para wirausaha itu ada.

Peran Wirausaha dalam Ekonomi

Kegiatan wirausaha dalam bidang ekonomi bergerak dan bernaung dalam lembaga-lembaga ekonomi. Apa saja yang termasuk dalam lembaga-lembaga ekonomi? Lembaga ekonomi merupakan perusahaan atau perseroan yang bergerak dalam bidang-bidang produksi, jasa, dan pelayanan. Wirausaha mempunyai peranan yang penting dalam perekonomian Indonesia. Keberadaan wirausaha berarti membuka lapangan kerja baru bagi orang lain, terutama bagi mereka yang berada di sekitarnya.

Apa wujudnya? Dengan ditampungnya para tenaga kerja yang dahulunya masih pengangguran sehingga mereka kini dapat mempunyai penghasilan/pendapatan.

Dengan demikian, wirausaha dapat mewujudkan dirinya sebagai tulang punggung serta memperkokoh struktur perekonomian nasional.

Apa buktinya? Silakan Anda cari di media informasi yang ada di rumah, sekolah, atau internet!

Apakah peranan wirausaha dalam perekonomian? Keberadaan wirausaha selain memberikan manfaat yang dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar juga memiliki peranan dalam perekonomian. Peranan tersebut, antara lain, sebagai berikut.

a. Membuka Lapangan Kerja Baru

Tingginya tingkat pembangunan di negara-negara sedang berkembang pada umumnya disebabkan oleh tidak seimbangnya kenaikan angkatan kerja dengan lapangan kerja yang tersedia. Adanya wirausaha dengan sendirinya akan mengurangi tingkat pengangguran.

b. Meningkatkan Pendapatan Nasional

Lingkungan usaha yang sudah maju, selalu menantang atau mendorong para wirausahawan untuk lebih kreatif di dalam menciptakan nilai tambah bagi penjualan produk atau jasa. Produk-produk baru yang diciptakan wirausaha, baik barang maupun jasa, akan menaikkan pendapatan nasional melalui peningkatan jumlah produksi barang dan jasa. Mengapa? Karena biasanya produk-produk baru banyak diminati oleh para konsumen, terutama apabila di pasaran masih sangat langka/jarang.

c. Meningkatkan Taraf Hidup

Dengan keberhasilan bisnis para wirausahawan akan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat. Dengan naiknya pendapatan maka taraf hidup masyarakat pun meningkat. Masyarakat yang dahulunya pengangguran menjadi bisa bekerja dan mempunyai pendapatan.

d. Mengurangi Kesenjangan Ekonomi dan Sosial

Dengan banyaknya wirausahawan dalam memproduksi barang maka akan mendorong masyarakat/orang-orang yang bekerja akan lebih giat. Sehingga pendapatan mereka juga akan bertambah dan akan mengurangi kesenjangan ekonomi yang terjadi di masyarakat.

e. Mendorong Terciptanya Masyarakat Adil dan Makmur

Bertambahnya pendapatan masyarakat berarti meningkat pula kemakmurannya. Berikut ini terdapat wacana mengenai sosok wirausaha yang mampu memberikan peranan bagi perekonomian. Bacalah dengan sungguhsungguh. Semoga sosok wirausaha ini dapat memberikan teladan yang baik bagi Anda. [Ai]