Rim Structurer

Rim Structurer – Pada bagian luar sekeliling pelet dengan rata-rata fraksi bakar lebih dari 35~40 GWd per ton, terjadi struktur yang disebut rim structure yaitu struktur yang membatasi daerah perubahan struktur secara unik. Ciri khusus rim structure ini disebabkan oleh: (1) pada proses pembuatan terjadi penghalusan ukuran butir, (2) kenaikan prosentase rongga karena pembesaran gelembung (di dalam gelembung ini gas produk fisi bertekanan tinggi).

Pada rim structure, semakin banyak rongga yang membesar dari ukuran sub-mikron menjadi mikron dan jumlahnya meningkat secara radial ke arah permukaan pelet. Rongga ini pada mulanya tidak ada pada saat pembuatan pelet. Pada bahan bakar reaktor air ringan, Pu-239 akan terakumulasi secara lokal pada bagian luar pelet akibat serapan resonansi neutron non-termal oleh U-238. Akibat efek neutronik ini akan meningkatkan fraksi bakar lokal pada rim structure menjadi lebih tinggi dari nilai rata-rata pelet. Untuk bahan bakar BWR dengan fraksi bakar 35 GWd per ton jumlah Pu-239 di bagian luar pelet mencapai kira-kira 2~3 kali nilai rata-rata . Oleh karena itu, fraksi bakar lokal bagian luar pelet dengan derajat panas rata-rata 35~40 GWd per ton mencapai 70~80 GWd per ton yaitu sekitar 2 kalinya.

Terbentuknya rim structure berpengaruh terhadap karakteristik iradiasi, yaitu

  1. peningkatan emisi gas produk fisi
  2. peningkatan penggembungan pelet
  3. peningkatan suhu bahan bakar akibat penurunan konduktivitas panas

Pada kondisi operasi normal, seperti telah ditunjukkan di atas, gelembung besar yang terbentuk akibat pengkristalan ulang adalah tidak saling mempengaruhi, sehingga emisi gas produk fisi yang menyebabkan terbentuknya rim structure hampir tidak ada. Tetapi, seperti telah ditunjukkan pada bagian 3 tentang emisi gas produk fisi, gas produk fisi yang tertahan di dalam gelembung yang membesar sebagian akan keluar dari daerah rim akibat keretakan pelet seperti pada saat terjadinya kecelakaan reaktivitas di mana suhu bagian luar pelet meningkat dengan drastis.

Baca :

Demikianlah info singkat dari admin artikelind.com tentang Rim Structurer, semoga bisa membawa manfaat bagi para pembaca setia blog sederhana ini. [Ai]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *