Perancangan Sistem Pengendalian Arah Gerak WebCam

Perancangan Sistem Pengendalian Arah Gerak WebCam Melalui Parallel Port

Skripsi Teknik Informatika yang akan dishare kali ini adalah Perancangan Sistem Pengendalian Arah Gerak WebCam Melalui Parallel Port, semoga skripsin TIK ini bermanfaat bagi kita semua.

Perancangan Sistem Pengendalian Arah Gerak WebCam

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Teknologi informasi saat ini berkembang dengan pesat, hal ini menjadi peluang untuk memanfaatkan teknologi dengan sebaik-sebaiknya. Salah satu perkembangan teknologi komputer adalah perangkat multimedia.

WebCam adalah perangkat multimedia yang digunakan untuk menangkap image bergerak dan ditampilkan  di monitor secara realtime. WebCam sering digunakan sebagai teleconference sesama pengguna internet. Bahkan terkadang digunakan sebagai pemantau dalam suatu sistem keamanan. Namun, terdapat kelemahan dalam penggunaan WebCam ini. Kelemahannya adalah saat pengguna ingin mengubah sudut pengambilan gambar, pengguna harus beranjak menuju kamera untuk mengubah posisinya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tentunya dibutuhkan suatu piranti tambahan yang akan membantu menggerakkan WebCam. Piranti ini berupa Motor Stepper yang dapat diperoleh dari disk drive 5¼ inch, yang akan dihubungkan dengan Personal Computer melalui parallel port dan menggunakan aplikasi system kendali arah gerak WebCam.

Berdasarkan latar belakang permasalahan diatas maka topik penulisan ini adalah “Perancangan Sistem Pengendalian Arah Gerak WebCam Melalui Parallel Port”.

Hasil dari penulisan ini diharapkan dapat menghasilkan suatu sistem kendali arah gerak WebCam yang dapat bermanfaat bagi pengguna yang membutuhkan sistem pengontrolan dan bagi praktisi yang ingin mengembangkan aplikasi tersebut.

B. Rumusan  Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas, maka rumusan permasalahan adalah bagaimana merancang sistem kendali arah gerak WebCam sehingga pengguna dapat mengontrol arah pergerakan WebCam tanpa beranjak dari komputer dan bagaimana memanfaatkan parallel port sebagai penghubung dan motor stepper sebagai penggeraknya.

C. Batasan Masalah

Pada perancangan tugas akhir ini, hal yang ditekankan adalah bagaimana merancang hardware yang akan menggerakkan motor stepper dan merancang software pengontrol hardware tersebut. Motor stepper yang digunakan merupakan pemanfaatan dari floppydisk 5½“ yang sudah tidak digunakan lagi. Tampilan gambar yang dihasilkan oleh WebCam tidak termasuk dalam penelitian tugas akhir ini, begitupun dengan konstruksi alat yang hanya dirancang dalam bentuk yang sederhana.

D. Tujuan dan Manfaat Penelitian

1. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah sistem kendali  arah gerak WebCam, sehingga user dengan mudah dapat mengendalikan pergerakannya melalui PC.

2. Manfaat  Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut :

  1. Hasil penelitian ini memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mengendalikan arah gerak WebCam.
  2. Hasil penelitian ini merupakan salah satu referensi ilmiah yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan oleh peneliti-peneliti lain yang berminat untuk mengembangkan aplikasi pengontrolan di bidang computer.
  3. Mampu mengaplikasikan ilmu yang selama ini diperoleh pada proses perkuliahan, khususnya dalam bidang elektronika dan pemrograman.

E. Sistematika Penulisan

Adapun sistematika penulisan skripsi ini meliputi hal-hal sebagai berikut :

BAB II LANDASAN TEORI

Pada bab ini akan menjelaskan tentang bagaimana teori dasar yang berkaitan dengan pergerakan WebCam melalui parallel port, sehingga langkah-langkah yang diambil untuk menyelesaikan suatu rancangan sistem dan perangkat bisa lebih terarah.

A.     Konsep Sistem Kontrol

Kontrol automatik telah memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan ilmu dan teknologi. Karena kemajuan dalam teori dan praktek kontrol automatik memberikan kemudahan dalam mendapatkan performansi dari sistem dinamik, mempertinggi laju produksi, meniadakan pekerjaan-pekerjaan rutin dan membosankan yang harus dilakukan oleh manusia, dan sebagainya, maka sebagian besar sarjana dan ilmuwan sekarang harus mempunyai pemahaman yang baik dalam bidang ini, Katsuhiko Ogata (1997).

Hasil karya pertama yang penting dalam kontrol automatik adalah governor sentrifugal untuk pengontrolan kecepatan mesin uap yang dibuat oleh James Watt pada abad kedelapanbelas. Pada tahun 1934, Hazen memperkenalkan istilah servomekanisme relay  yang mampu mengikuti dengan baik masukan yang berubah.

Dengan adanya komputer elektronik analog, digital dan hibrid yang dapat digunakan pada perhitungan-perhitungan yang kompleks, maka penggunaan komputer dalam desain sistem kontrol dan penggunaan komputer yang dipasang langsung pada sistem kontrol sekarang menjadi praktis dan umum. Dewasa ini komputer digital telah menjadi lebih murah dan semakin ringkas, maka digunakan sebagai bagian integral dari sistem digital. Dalam sistem kontrol mengenal dua sistem pengendali. Pengendali berkaitan dengan strategi yang memungkinkan sebuah komputer berperan sebagai otak dalam sistem pengendalian yang mengarahkan gerakan-gerakan dari sebuah alat kendali. Dalam sistem kendali ini terdapat dua sistem yaitu sistem pengendali loop terbuka dan sistem pengendali loop tertutup.

Menurut Katsuhiko Ogata (1997), Sistem kontrol adalah kombinasi dari beberapa komponen yang bekerja bersama-sama untuk suatu besaran atau keadaan. Besaran atau keadaan ini yang diukur dan diubah oleh kontroler sehingga  mempengaruhi nilai variabel yang dikontrol. Dalam keadaan normal, variabel yang dikontrol adalah keluaran sistem. Sehingga, Sistem kontrol juga berarti mengukur nilai dari variabel sistem yang dikontrol dan menerapkan variabel yang dimanipulasi ke sistem untuk mengoreksi atau membatasi penyimpangan nilai yang diukur dari nilai yang dikehendaki. Maka dari itu berikut adalah gambar dari blok diagram sistem pengontrolan alat.

BAB III  PERANCANGAN SISTEM

Menguraikan tentang pembahasan jenis penelitian, materi penelitian, komponen yang digunakan, arsitektur sistem kendali, perancangan sistem kendali,

BAB IV  HASIL DAN PEMBAHASAN

Berisikan pembahasan hasil penelitian, pengujian sistem, langkah-langkah pengoperasian.

BAB V   PENUTUP

Kesimpulan dan saran.

Demikianlah info Perancangan Sistem Pengendalian Arah Gerak WebCam dari admin artikelind.com, semoga bermanfaat. [Ai]