Pengertian Perusahaan Jasa dan Karakteristik Perusahaan Jasa

Pengertian Perusahaan Jasa – Perusahaan Jasa adalah perusahaan yang dengan usaha utama berperan memberikan pelyann, kemudahan urusan dan kenyamanan kepada konsumen atau produksi dalam rangka melancarkan semua usaha produksi atau pun konsumsi. Bentuk khas dari perusahaan jasa adalah sifatnya yang abstrak. Dengan kata lain, manfaat bisa dirasakan oleh konsumen tetapi bentu nyatanya tidak terlihat. Contohnya perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi dan pengiriman barang Tiki. Konsumen merasakan manfaat dari tiki, tetapi jasa yang diberikan Tiki tidak bisa terlihat.

Pengertian Perusahaan Jasa

Pengertian Perusahaan Jasa

 

Karakteristik Perusahaan Jasa dan Ciri-ciri Perusahaan Jasa

Adapun karakteristik dan ciri ciri perusahaan jasa adalah :

  • Intangible atau Jasa yang Dihasilkan Bersifat Abstrak. Sebagaimana telah dijelaskan di atas. Sifat produk perusahaan jasa ini abstrak. Namun manfaat dari produk tersebut bisa dirasakan oleh onsmen perusahaan jasa. Contoh abstrak ini seperti jasa dokter. Notaris dan lainnya. Kita tidak bisa melihat jasa dokter, tetapi manfaat yang diberikan dokter tersebut amat terasa.
  • Heterogen atau Jasa yang Diberikan Tidak Seragam. Pada perusahaan jasa masing masing konsumen akan memperoleh jasa yan berbeda sesuai kebutuhan mereka. Kita rujuk kembali pada ekspedisi TIKI (Titipan Kilat) tadi, misalkan si Ata ingin mengirimkan dokumen, tiki akan melayani pengiriman jasa pengiriman dokumen tersebut. Begitu juga misalkan Tari yang ingin mengirim baju, tiki juga bisa mengirimkan baju.
  • Unsaveable atau jasa yang dhasilkan tak dapat disimpan. Coba perhatikan jika sebuah barang yang bersisa ternyata bisa disimpan untuk dimanfaakan dilain waktu. Sangat berbeda dengan perusahaan jasa. Jasa tersebut hanya akn menyisakan kenangan tetapi tidak bisa disimpan untuk dimanfaatkan di lain waktu. Contoh, Nani menggunakan jasa penerbangan pesawat Air Asia. Nani hanya bisa menggunaka jasa tersebut dalam sekali penerbangan. Untuk penerbangan berikutnya Nani harus membeli tiket pesawat baru lagi. Nani tidak bisa menggunakan sisa jasa penerbangan pertama kapanpun. Karena sudah tidak berlaku lagi.

Baca juga :

Demikianlah info singkat dari admin tentang Pengertian Perusahaan Jasa dan Karakteristik Perusahaan Jasa, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam masalah Ekonomi. Amin…[Ai]

Pengertian Perusahaan Jasa dan Karakteristik Perusahaan Jasa | Admin | 4.5
Leave a Reply