Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Friday, July 14th, 2017 - Biologi

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan – Tahuka anda apa itu Pertumbuhan dan Perkembangan? Kita sebagai manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Untuk lebih memahami Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan, akan diberikan penjelasan lebih lengkap berikut ini.

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan dan perkembangan adalah proses pertambahan ukuran, bentuk serta volume yang di iringi dengan proses menuju kedewasaan. Pertumbuhan dan perkembangan tidak hanya terjadi pada makhluk hidup tetapi juga dapat terjadi pada benda-benda lain yang mempunyai sifat yang hampir sama dengan makhluk hidup hanya saja tidak bernyawa. Contohnya pertumbuhan dan perkembangan ekonomi, pertumbuhan dan perkembangan dunia pendidikan, dll.

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup berbeda dengan pertumbuhan dan perkembangan benda mati. Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup bersifat irreversible dan berjalan secara simultan. Pertumbuhan adalah proses awalnya sedangkan perkembangan adalah proses menuju kesempurnaan. Dalam masa pertumbuhan akan terjadi proses diferensiasi dan morfogenesis. Sedangkan dalam proses perkembangan akan terjadi proses organogenesis sehingga makhluk hidup menjadi lengkap organnya dan siap untuk berkembang biak.

Pengertian Pertumbuhan

Pertumbuhan ( Growth ) adalah perubahan KUANTITATIF ( berupa pembesaran atau pertambahan dari tidak ada menjadi ada, dari kecil menjadi besar, dst ) pada materiil sesuatu akibat dari adanya pengaruh dari lingkungan. Contoh : munculnya gigi baru, semakin bertambahnya jumlah gigi, semakin bertambahnya tinggi badan, dst.

Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran, volume dan massa yang bersifat irreversible(tidak dapat balik) karena adanya pembesaran sel dan pertambahan jumlah sel akibat adanya proses pembelahan sel. Pertumbuhan dapat dinyatakan secara kuantitatif karena pertumbuhan dapat diketahui dengan cara melihat perubahan yang terjadi pada makhluk hidup yang bersangkutan. Contohnya adalah pertumbuhan pada tumbuhan dapat di lihat dengan adanya perubahan tinggi babatang, menghitung jumlah daun, jumlah bunga, dll.

Pengertian Perkembangan

Perkembangan ( Development ) adalah suatu proses perubahan ke arah kedewasaan atau pematangan yang bersifat KUALITATIF ( ditekankan pada segi fungsional ) akibat adanya proses pertumbuhan materiil dan hasil belajar dan biasanya tidak dapat diukur. Contoh : pematangan sel ovum dan sperma, munculnya kemampuan berdiri dan berjalan, dst.

Perkembangan adalah suatu proses untuk menuju kedewasaan pada makhluk hidup yang bersifat kualitatif, artinya tidak dapat dinyatakan dengan suatu bilangan tatpi dapat di amati dengan mata telanjang. Proses perkembangang dapat di lihat dengan terbentuknya organ-organ perkembangbiakan seperti munculnya bunga pada tumbuhan yang kemudian di ikuti oleh buah atau umbi, dll.

Sudah pahamkan Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan? Jadi petumbuhan dan perkembangan itu hal yang mirip tapi tidak sama karena memiliki tinjauan yang berbeda.

Demikianlah info Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan dari admin artikelind.com, semoga bermanfaat. [Ai]

Kata Kunci :

perkembangan teknologi,tanda hamil anak lelaki menurut islam,artikel pendidikan di indonesia,pengertian tarekat,Apa yang dimaksud dengan proklamasi,apa yang dimaksud proklamasi,cara memajukan organisasi,yang dimaksud proklamasi,ciri ciri hamil laki laki menurut islam,artikel kesehatan lingkungan
Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan | admin | 4.5
Leave a Reply