Pengertian Pasar Keuangan dan Macam-macam Pasar Keuangan

Pengertian Pasar Keuangan – Pasar keuangan adalah tempat dimana mekanisme transaksi keuangan terjadi antara pihak yang mmpunyai kelebihan dana dan pihak yang kekurangan dana. Dari pengertian pasar keuangan yang sederhana itu ternyata pasa keuangan bisa dibagi menjadi beberapa macam. Masing masing memiliki karakter khusus dalam hal instrumen ditinjau dari jatu tempo dan klaim atas aset tertentu. Di setiap negara pasar keuangan ini akan melyani konsumen dan beroperasi di daerah-nya masing masing.

Pengertian Pasar Keuangan

Pengertian Pasar Keuangan

 

Macam-macam Pasar Keuangan

Macam macam pasar keuangan tersebut adalah pasar aset fisik, future market, pasar permodalan dan uang, pasar hipotik, private market dan pasar perdana. Penjelasan macam macam pasar keuangan tersebut sebagai berikut.

  • Pasar aset fisik. Pasar aset fisik ini disebut juga dengan pasar real atau pasar nyata. Perdagangan produk di sini jelas seperti mobil, peralatan elektronik, mesin mesin dan sebagainya. Jenis pasar aset dalam bentuk finansial bisa saja memperdagangkan saham, obligasi, surat berharga dan sejenisnya.
  • Future Market dan Spot Market. Klasifikasi pasar ini didasarkan pada waktu terjadi dan waktu pengiriman. Spot market adalah pengiriman terjadi pada titik transaksi atau beberapa hari setelah transaksi. Sementara untuk future market, pengiriman dilakukan dimasa mendatang (future).
  • Pasar Modal dan Pasar Uang. Pasar modal adalah pasar untuk utang dalam jangka waktu yang panjang dan saham sebuah perusahaan. Di sini tidak ada jangka waktu pasti. Namun dari kebiasaan, jangka waktu pendek berkisar dibawah setahun, jangka menengah hingga lima tahun dan jangka waktu panjang di atas 5 tahun. Sementara pasar uang didefenisikan sebagai jenis pasar jangka pendek dalam upaya mempermudah mendapatkan dana dalam waktu singkat.
  • Pasar Hipotik. Pasar hipotik ini berkaitan dengan tempat tinggal (property), real estate dan berbagai lahan perkebunan dan pertanian. Ada macam pasar lain yaitu pasar kredit konsumen, dimana berkaitan dengan transaksi pinjaman untuk pembelian mobil, untuk pendidikan dan kebutuhan lainnya.
  • Pasar Primer merupakan pasar untuk memberikan penawatan sahan, obligasi yang ingin diterbitkan atau disebut dengan IPO (Initial Public Offering). Sebagai contoh perusahaan Telkom. Untuk memperoleh penambahan modal, mereka menerbitka saham baru. Dalam penerbitan saham baru tersebut, transaksi akan terjadi di pasar primer. Bila sekuritas tersebut telah ada dan beredae maka akan diperdagangkan antar investor d pasa sekunder dan tidak lagi bermain di pasar primer.
  • Pasar Pribadi (Private Markets). Pasar pribadi adalah pasar yang mengindikasikan transaksi yang terjadi hanya dan berlangsung antara dua pihak yang bertransaksi. Contoh pasar ini bisa dirujuk pada pasar valuta asing (valas), pasar pinjaman bank. Semua ketentuan dana aturan ditentukan dan disepakati oleh pihak yang bertransaksi. Jika dibandingkan dengan pasar public (public market), pada pasar public akan melibatkan banyak pihak dalam menentukan aturan dan aturan tersebut berlaku standarisasi yang sama untuk siapa saja.

Baca :

Penjelasan dari “masing masing tempat” pada pengertian pasar keuangan tadi merujuk pada contoh berikut. Misalkan di Indonesia, untuk perdagangan saham akan dilakukan transaksi di BEI (Bursa Efek Indonesia). Informasi tambahan, ada jenis pasar yang dinamakan OTC (over the couner). Pasar macam ini tidak memiliki tempat pasti dalam transaksi dan lebih banyak memanfaatkan alat komunikas serta program komputerisasi dalam transaksi penjual dan pembeli. Sebagai sampelnya bisa dilihat pada perdagangan saham di Amerika Serikat yang bernaung di bawah National Association of Securities Dealers (NASD). Pasar tersebut sudah menggunakan sistem OTC. [Ai]

Pengertian Pasar Keuangan dan Macam-macam Pasar Keuangan | admin | 4.5