Pengertian dan Macam Macam Diagram

Pengertian dan Macam Macam Diagram – Apa itu diagram? Diagram adalah gambar atau grafik berisi keterangan mengenai hal-hal tertentu. Dalam pengertian yang lain, diagram adalah gambaran (sketsa, buram) yang menggunakan garis dan simbol untuk memperlihatkan atau menerangkan sesuatu. Diagram berfungsi untuk mempermudah pemerincian data, terutama data dalam bentuk angka. Dalam setiap presentasi data, diagram sangat berguna untuk meringkas dan memperpendek informasi yang hendak disajikan. Bahkan, seringkali visualisasi data dalam bentuk diagram sudah cukup memuat seluruh informasi yang akan disampaikan.

Macam Macam DiagramPengertian dan Macam Macam Diagram

 

Terdapat bermacam-macam diagram bentuk diagram yang sering digunakan, yaitu diagram gambar (piktogram), diagram batang, diagram garis (poligon), dan diagram lingkaran.

  • Diagram Gambar (piktogram): iagram gambar atau piktogram adalah diagram dimana datanya disajikan dalam bentuk gambar atau lukisan untuk mewakili benda yang menampilkan banyak benda sesungguhnya.
  • Diagram batang: Diagram batang adalah diagram yang menunjukkan bilangan atau kuantitas yang dinyatakan dalam bentuk persegi panjang atau persegi. Pada umumnya diagram batang menggambarkan perkembangan nilai-nilai suatu objek penelitian dalam kurun waktu tertentu. Diagram batang menunjukkan batang-batang tegak, mendatar, dan sama lebar dengan batang-batang terpusah.
  • Diagram garis: Diagram garis adalah penyajian data statistik dengan memakai garis yang melakukan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan. Sumbu X menunjukkan waktu pengamatan dan sumbu Y menunjukkan nilai-nilai data pengamatan untuk waktu tertentu. Gabungan waktu dan pengamatan membentuk titik XY.
  • Diagram lingkaran: Diagram lingkaran adalah penyajian data statistik dengan memakai gambar yang berbentuk lingkaran. Lingkaran tersebut dibagi dalam beberapa bagian yang menyatakan nilai dengan bentuk persen.
  • Diagram Kotak Garis: Diagram kotak garis adalah data statistik yang dipakai untuk menampilkan diagram kotak garis yaitu statistik lima serangkai, yang terdiri dari data ekstrim (data terkecil dan data terbesar). Q1, Q2, Q3.
  • Diagram Batang Daun: Diagram batang daun adalah diagram sebagai contoh penyebaran data yang datanya diurutkan terlebih dahulu dari yang terkecil ke terbesar. Diagram terbagi atas dua yaitu diagram batang dan daun. Diagram batang daun memuat angkat puluhan serta bagian daun memuat angka satuan.

Baca :

Sekian uraian tentang Pengertian dan Macam Macam Diagram, semoga bermanfaat.[Ai]

Pengertian dan Macam Macam Diagram | admin | 4.5