Pembuatan Preparat

Pembuatan Preparat – Dalam pembuatan preparat alat dan bahan yang digunakan yaitu mikroskop, objek glass, kawat ose, Bunsen, pipet tetes, koloni mikroba, agar miring, alcohol 95%, larutan Kristal violet, fuchsin basa, larutan lugol. Proses pembuatan preparat bakteri yaitu kawat ose dipijarkan diatas api Bunsen. Setelah itu diambil koloni bakteri pada agar miring PCA (Plate Count Agar) lalu taruh koloni bakteri tersebut diatas objek glass. Penempatan koloni bakteri tersebut tidak boleh terlalu tebal karena untuk memudahkan pengamatan. Setelah itu ditambahkan fuchsin basa dan Kristal violet pada kaca preparat dan didiamkan selama 1 menit, lalu difiksasi dimana fungsi fiksasi yaitu melekatkan mikroba pada objek glass, memperjelas pengamatan dibawah mikroskop dan membunuh mikroba. Setelah itu diamati di bawah mikroskop dan digambar.

Mikroorganisme yang ada di ala mini mempunyai morfologi, struktur daan sifat-sifat yang khas, begitu pula dengan bakteri.  Bakteri yang hidup hampir tidak berwarna dan kontras dengan air, dimana sel-sel bakteri tersebut disuspensikan. Salah satu cara untuk mengamati bentuk sel bakteri sehingga mudah untuk diidentifikasi ialah dengan metode pengecatan atau pewarnaan. Hal tersebut juga berfungsi untuk mengetahui sifat fisiologinya yaitu mengetahui reaksi dinding sel bakteri melalui serangkaian pengecatan (Dwidjoseputro, 1989).

Agar benda dapat diamati dengan mikroskop cahaya, maka benda itu harus transparan. Oleh karena itu benda yang akan diamati harus dipersiapkan dulu dengan membuat preparat atau sediaan. Alat dan bahan yang harus disiapkan dalam pembuatan preparat adalah gelas benda, penutup gelas, air secukupnya, pipet tetes, silet, kertas isap, dan pewarna.

Silet berfungsi untuk menyayat benda yang akan diamati. Gelas benda berfungsi untuk meletakkan objek gelas yang akan diamati. Penutup gelas berfungsi untuk menutup benda yang diletakkan pada gelas benda. Pewarna digunakan untuk memudahkan dalam pengamatan, misalnya lugol, metilen biru, dan eosin.

Preparat dapat diamati secara melintang maupun membujur. Preparat melintang dibuat dari hasil sayatan secara melintang, sedangkan preparat membujur dibuat dengan sayatan arah membujur. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat preparat melintang batang.

  1. Siapkan batang yang akan diamati. Pilihlah batang yang cukup lunak sehingga mudah diiris dengan silet.
  2. Iris batang dengan silet secara melintang ke arah tubuh setipis mungkin. Untuk preparat yang tipis seperti daun, kamu dapat menyelipkan daun pada potongan wortel atau gabus yang telah dibelah, kemudian mengirisnya bersamaan.
  3. Letakkan hasil sayatan pada objek gelas dan tetesi dengan air. Jika diperlukan, kamu dapat menambahkan pewarna untuk memperjelas objek.
  4. Tutup dengan gelas penutup perlahan-lahan. Usahakan agar tidak terbentuk gelembung udara.
  5. Keringkan air yang berlebihan di sekitar kaca penutup dengan kertas isap.
  6. Preparat siap untuk diamati dengan mikroskop.

Baca :

Demikianla info singkat dari admin artikelind.com tentang Pembuatan Preparat, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua. [Ai]

Pembuatan Preparat | admin | 4.5