Niat Puasa Syawal dan Keutamaan Puasa Syawal

Niat Puasa SyawalPuasa Syawal adalah puasa yang dilaksanakan pada bulan Syawal selama 6 hari. Menurut sebagian ulama berpendapat puasa ini bisa dilakukan mulai dari tanggal 2 syawal selama enam hari. Boleh dilakukan secara berturut-turut selama 6 hari maupun tidak, asalkan masih dikerjakan pada bulan Syawal.

Sebelum admin membagikan Niat Puasa Syawal ada baiknya kita kenal dulu apa itu sebenarnya Niat dalam Islam. Niat adalah amalan hati (amaliyah qolbiyah) sehingga hanya Allah SWT dan pribadi masing-masing yang tahu soal niat atau motif seseorang dalam berbuat, beramal, atau beribadah.

Niat Puasa Syawal

Puasa Syawal

Secara bahasa (Arab), niat (نية) adalah keinginan dalam hati untuk melakukan suatu tindakan. Orang Arab menggunakan kata-kata niat dalam arti “sengaja”.

Terkadang niat juga digunakan dalam pengertian sesuatu yang dimaksudkan atau disengajakan.

Secara istilah, tidak terdapat definisi khusus untuk niat. Karena itu, banyak ulama yang memberikan makna niat secara bahasa, semisal Imam Nawawi yang mengatakan

niat adalah bermaksud untuk melakukan sesuatu dan bertekad bulat untuk mengerjakannya.

Niat Puasa Syawal

Jika anda sudah paham apa itu niat? sama halnya juga dengan Niat Puasa Syawal. Yang akan sulit adalah menumbuhkan Niat dalam diri untuk Puasa Syawal. Perkara untuk menumbuhkan Niat Puasa Syawal dalam diri secara ikhlas tidaklah mudah. Butuh waktu, butuh proses dan masalah niat juga dijelaskan dalam Al-quran.

Allah SWT memerintahkan kita, umat Islam, agar senantiasa meluruskan niat beribadah hanya karena Allah SWT saja (ikhlas):

وَمَا أُمِرُوا إِلا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ

“Padahal mereka tidak disuruh, kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya, dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (QS. Al Bayyinah/98:5).

Untuk Doa Niat Puasa Syawal sendiri yang banyak orang kenal adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ ِستَةٍ ِمنْ شَوَالٍ سُنَةً ِللَه تَعَالَي

Artinya:

Saya niat berpuasa sunnah 6 hari bulan Syawal karena Allah.

Keutamaan Puasa Syawal

Berikut ini beberap Hadits yang menjelaskan keutamaan Puasa Syawal

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Artinya :

Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa 6 (enam) hari bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti puasa satu tahun penuh. (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

صيام شهر رمضان بعشرة أمثالها وصيام ستة أيام بشهرين فذلك صيام السنة

Artinya :

Puasa sebulan Ramadan pahalanya 10x lipat. Puasa 6 hari bulan Syawal sama dengan dua bulan. Maka jumlahnya sama dengan setahun penuh. (HR. Ibnu Khuzaimah)

Dari beberapa Keutamaan Puasa Syawal di atas tentunya sebagai umat Islam tentu kita berharap bisa mendapatkan karunia seperti itu.

Demikianlah Niat Puasa Syawal yang bisa disajikan buat anda, semoga Puasa Syawal anda berberkah Amin. [Ai]

Niat Puasa Syawal dan Keutamaan Puasa Syawal | Admin | 4.5
Leave a Reply