Niat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis – Puasa adalah menahan diri dari makan dan minuma mulai dari terbit fajar sampai terbenan matahari. Bukan hanya makan dan minum akan tetapi hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan Allah SWT. Puasa memiliki banyak jenis, mulai dari puasa wajib sampai pada puasa sunnah. Salah satu puasa sunnah yang banyak umat Islam amalkan adalah Puasa Senin Kamis. Selain puasa Senin Kamis, puasa sunnah yang sering juga diamalkan adalah puasa syawal. Bisa anda lihat penjelasannya niat puasa ini pada artikel Niat Puasa Syawal.

Puasa senin kami adalah puasa yang dikerjakan pada hari senin dan hari kamis dengan tata cara yang sama pada puasa ramadhan. Perbedaan hanya terletak pada Niat Puasa Senin Kamis. Untuk melihat lebih lengkap tentang tata cara puasa senin kamis bisa anda baca pada artikel Cara Puasa Senin Kamis.

Niat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis

 

Karena puasa senin kamis dilaksanakan 2 hari yaitu : hari senin dan hari kami, maka bacaan Niat Puasa Senin Kamis juga ada dua. Bacaan Niat Puasa Senin dan bacaan Niat Puasa Kamis

Secara umum bacaan Niat Puasa Senin Kamis yang sering umat Islam gunakan adalah sebagai berikut.

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis khusus untuk hari Senin

وَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya :

Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis khusus untuk hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya :

Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

Baca : Cara Melakukan Puasa Syawal

Puasa senin kamis banyak umat Islam mengamalkannya didasari pada hadits-hadits berikut ini.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya :

Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat. (HR. Bukhari dan Abu Daud).

Kalau kita perhatikan dengan seksama hadits di atas, maka kita akan paham bahwa hari senin dan kamis digunakan untuk berpuasa karena pada hari itu amal perbuatan manusia diperiksa pada hari itu. Dan tiap kebaikan akan dilipatgandakan sebanyak sepuluh kali lipat. Tentu sebagai umat Islam yang taat tentu kita ingin meraih kebaikan tersebut. Di samping itu juga, puasa memiliki peranan penting dalam kondisi kesehatan kita.

NB

Niat Puasa Senin Kamis bukan hanya sekedar untuk dibaca akan tetapi niat itu ada dalam hati. Agar niat itu bisa ada dalam hati tentunya harus dimulai dengan membaca.

Demikianlah info Niat Puasa Senin Kamis dari admin artikelind.com, semoga bermanfaat. [Ai]