Masalah Berat Badan Naik pada Bulan Puasa

Saturday, May 13th, 2017 - Kesehatan

Masalah Berat Badan Naik pada Bulan Puasa – Bulan puasa sebentar lagi tiba, suatu kebahagiaan bagi umat Islam menjelang Bulan Puasa karena bulan ini bulan penuh rahmat dan ampunan. Pada bulan puasa kerap kali berat badan naik, hal ini sering tidak masuk akal karena kita puasa harusnya berat badan kita turun tapi terkadang terjadi hal sebaliknya.

Pada kesempatan ini admin Artikelind.com akan membagikan alasan dan penyebab Berat Badan Naik pada Bulan Puasa. Dikutip dari Ketua Indonesia Nutrition Association Luciana B Sutanto mengatakan penyebab utama berat badan naik saat bulan puasa karena terlalu banyak mengonsumsi makanan manis yang mengandung gula berlebih.

Masalah Berat Badan Naik pada Bulan Puasa

Masalah Berat Badan Naik pada Bulan Puasa

” Sering kali berbuka puasa lebih banyak dengan penyediaan itu, jadi lebih banyak makan makanan manis. Memang benar saat berbuka mengonsumsi manis yang banyak meningkatkan gula tapi harus diingat konsumsilah makanan manis dengan terkontrol,” ujar Luciana saat ditemui Dream di Jakarta.

Luciana menganjurkan saat berpuasa sebaiknya mengonsumsi makanan pembuka dengan jeda waktu. ” Buka puasa mulainya dengan kolak satu mangkok dan kue, atau makanan manis lainnya. Berilah jeda, barulah setelah salat dilanjutkam dengan makanan berat,” terang dia.

Luciana menambahkan keadaan perut kosong dengan asupan makanan yang terlalu banyak memicu lambung bekerja lebih berat. Sehingga lambung akan terasa tidak nyaman.

” Usahakan konsumsi ta’jil terlebih dahulu baru dilanjut dengan makan berat. Begitu makanan yang sangat berlebihan maka banyak makanan aliran darah pergi ke aliran darah. Akhirnya tubuh ngantuk dan lemas,” jelasnya.

” Sementara itu soal sahur sebaiknya konsumsilah makanan indek glikemiknya rendah seperti lebih banyak konsumsi buah dan sayur,” kata Luciana.

Nah sudah tahukan kenapa Berat Badan Naik ketika Bulan Puasa? Jika hal ini terjadi pada anda, admin juga akan membagikan solusi pilihan yang bisa anda lakukan agar Masalah Berat Badan Naik pada Bulan Puasa bisa diatasi.

Berikut adalah tips dari dr Phaidon untuk menjaga agar berat badan tetap stabil selama berpuasa:

1. Cukupi kebutuhan tidur

Kurang tidur bisa membuat nafsu makan meningkat. Usahakan agar selama bulan puasa jam tidur tetap terpenuhi, sehingga nafsu makan masih berada di tahap wajar dan tidak berlebihan.

2. Jangan ‘lapar mata’

Seringkali kita ‘lapar mata’ sehingga saat berbuka menjadi momen untuk balas dendam dan banyak makan. Menurut dr Phaidon, inilah yang membuat berat badan melonjak naik. Untuk itu, selalu kontrol jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

3. Hindari langsung makan besar saat berbuka

Akan lebih baik jika berbuka dengan makanan kecil dan manis, salat Maghrib, baru kemudian makan kembali. Menu yang dipilih juga harus diperhatikan, pilihlah makanan yang kaya karbohidrat kompleks (nasi beras merah, roti gandum utuh, ubi, atau kacang hijau), protein (dada ayam, daging, ikan, tempe, susu rendah lemak), dan sayur-sayuran. Juga perhatikan porsinya, karena jika berlebihan akan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di lambung dan mengganggu pencernaan yang seharian telah istirahat.

4. Pilih menu sahur dengan baik

Saat makan sahur, konsumsilah makanan dengan kadar lemak yang rendah namun tinggi karbohidrat kompleks (roti gandum dan nasi beras merah), protein (daging ayam, ikan, atau telur), dan makanan kaya serat (sayur-sayuran dan buah-buahan) untuk memenuhi kebutuhan kalori saat berpuasa. Ada baiknya juga untuk mengonsumsi sulemen multivitamin dan mineral saat sahur.

5. Atur komposisi nutrisi yang seimbang

Agar tubuh tetap sehat dan tidak cepat merasa lapar saat berpuasa, pengaturan komposisis nutrisi makanan yang seimbang sangat diperlukan. Adapun komposisi nutrisi yang disarankan yaitu 50 persen karbohidrat kompleks, 40-45 persen protein, dan 5-10 persen lemak sehat dalam setiap porsi makan. [Ai]

Kata Kunci :

artikel bahasa jawa tentang kesehatan,artikel yang singkat 2017,artikelind com/tips-kesehatan
Masalah Berat Badan Naik pada Bulan Puasa | admin | 4.5
Leave a Reply