Macam Macam Penyakit Tulang

Macam Macam Penyakit Tulang – Penyakit tulang adalah penyakit yang sering kali tidak disadari oleh seseorang yang mungkin saja sudah mengidap gejala-gejala penyakit tersebut. Umumnya seseorang akan menyadari bahwa dia telah mengidap penyakit tulang adalah ketika kondisi tulangnya tidak memungkinkan lagi untuk diobati. Jadi untuk mengurangi resiko keluhan pada tulang, kita membutuhkan informasi lengkap dan memadai baik dari riset dari Internet dan petugas kesehatan. Dengan menjaga kesehatan tulang maka aktivitas dan kinerja seseorang pun menjadi lebih produktif. Sebelum kita mempelajari soal penyakit tulang, sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu struktur tulang manusia. Tulang merupakan penyangga tubuh kita yang terdiri dari kolagen yakni protein yang bersisi dengan kalsum fosfat dan ka mineral yang membuat tubuh kuat karena disangga oleh tulang. Kolagen dan kalsium yang dikombinasikan membuat tulang menjadi kuat dan fleksibel sehingga mampu menahan tekanan karena aktivitas dan kegiatan kita. Sekitar 99% kalsium tubuh manusia berada pada tulang dan gigi. Selainnya terdapat di dalam darah.

Tulang memiliki dua tipe, yakni:

  1. Tulang cortical yakni tulang yang padat dan kuat dan merupakan bagian luar tulang.
  2. Trabecular yakni bagian dalam tulang yang memiliki rongga dan membentuk struktur tubuh secara keseluruhan.

Tulang mengalami perkembangan dan perbaikan sepanjang masa hidup manusia yakni dilakukan secara resorption dan formation. Namun, tulang juga bisa mengalami gangguan berupa penyakit tulang, yakni sebagai berikut:

Macam Penyakit Tulang

1. Osteoporosis

Penyakit tulang osteoporosis adalah penyakit yang mengakibatkan tingkat kepadatan tulang menjadi turun. Osteoporosis bisa menggerogoti kemampuan tulang trabecular yang menyebabkan kekuatannya menjadi berkurang secara drastis. Hal ini akan membuat tulang menjadi mudah patah karena tulang cortical menipis. Biasanya penyakit osteoporosis terjadi pada wanita yang berusia lanjut dan memasuki usia menopause.

2. Osteomyelitis

Penyakit tulang ini disebabkan oleh bakteri yang menyebar dan mengurangi kekuatan tulang.

3. Osteomalacia

Penyakit tulang ini disebabkan oleh tulang yang menjadi lunglai karena kurangnya asupan vitamin D atau bisa juga disebabkan oleh kesalahan metabolisme pada tubuh. Seperti penyakit tulang osteoporosis, penyakit osteomalacia bisa menyebabkan tulang menjadi lebih mudah patah.

4. Rickets Rickets

Sering terjadi pada anak-anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan. Formasi tulangnya abnormal yakni adanya penumpukan kalsium pada tulang karena anak tersebut terlalu banyak meminum susu kalsium atau karena radiasi matahari.

Pencegahan Penyakit Tulang

Berikut beberapa pencegahan dan perawatan terhadap tulang yang bisa kita lakukan untuk menghindari penyakit tulang:

  1. Melakukan olahraga secara teratur sehingga mengurangi risiko penyakit tulang. Dengan melakukan banyak gerak maka komposisi tulang akan menjadi padat dan keropos serta patah tulang bisa diminimalisir.
  2. Asupan makanan harus diperhatikan agar kita mengonsumsi makanan yang bergizi dan memiliki serat yan tinggi. Tidak lupa juga untuk mengonsumsi susu berkalsium tinggi.
  3. Segera konsultasi dengan dokter jika kita merasa ada keluhan pada tulang dan persendian.
  4. Melakoni diet seimbang dengan cara rajin mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan vitamin D.
  5. Sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi alkohol secara berlebihan dan merokok.
  6. Lakukan tes tulang secara kontinu dan rutin.

Macam-macam Penyakit TulangBaca :

Ya, kesehatan tulang haruslah dijaga karena tulang adalah salah satu aset paling penting bagi manusia untuk beraktivitas. Penyakit tulang tidak serta-merta terjadi begitu tiba-tiba namun ada proses yang lambat-laun bisa mengakibatkan /penyakit tulang/ terjadi pada tubuh. Jika sudah mengalami penyakit tulang, akan sangat sulit untuk mencari pengobatan dan penyembuhannya. Oleh karena itu, senantiasa jaga kesehatan tulang demi masa depan![Ai]