Laporan Laba/Rugi (Income Statement)

Laporan Laba/Rugi (Income Statement) – Laporan laba/rugi adalah laporan yang menunjukkan besarnya laba atau rugi atas penjumlahan pendapatan penjualan, pendapatan lain, dan pengurangan harga pokok penjualan serta beban-beban suatu unit usaha untuk suatu periode tertentu. Akun-akun apa sajakah yang terdapat dalam laporan laba rugi?

Pada perusahaan dagang, akun-akun yang dilaporkan dalam laba rugi adalah penghasilan dan beban. Penghasilan (revenues) diperoleh dari hasil penjualan barang dagangan dan pendapatan lain di luar usaha pokok. Bebanbeban terdiri atas harga pokok penjualan (cost of goods sold), beban penjualan, dan beban di luar usaha. Perhatikan penjelasan masing-masing beban berikut ini!

1. Harga pokok penjualan

Tahukah Anda, apakah harga barang-barang yang dijual di mall sama dengan harga perolehan yang dikeluarkan pedagang untuk mendapatkan barang-barang tersebut? Tentu saja tidak. Pedagang juga mengeluarkan berbagai biaya untuk mendapatkan barang-barang tersebut dan sejumlah laba yang diinginkannya. Lalu, bagaimana kita bisa menghitung harga pokok penjualan barang tersebut? Apakah harga pokok penjualan itu? Pelajarilah lebih lanjut materi di bawah ini.

Harga pokok penjualan adalah harga jual dasar dari barang dagangan sebelum ditambah keuntungan yang diinginkan perusahaan. Bagaimana proses pembentukan harga pokok penjualan? Harga pokok penjualan dibentuk dari nilai barang yang dimiliki (persediaan awal) ditambah seluruh pembelian bersih dan dikurangi dengan persediaan akhir).

HPP = persediaan awal + pembelian – persediaan akhir

Dalam perusahaan dagang, perhitungan harga pokok penjualan ini sangat penting. Mengapa dikatakan penting? Karena harga pokok penjualan dapat dipergunakan untuk menentukan laba atau rugi. Apabila harga jual barang lebih besar daripada harga pokok penjualan maka perusahaan akan memperoleh laba. Begitu pula sebaliknya, apabila harga jual lebih rendah daripada harga pokok penjualan maka perusahaan akan rugi.

Harga pokok penjualan (HPP/cost of goods sold) dibentuk oleh komponen persediaan dan pembelian. Perhatikan format HPP berikut ini.

Harga pokok penjualan

Untuk lebih jelasnya, pahami ilustrasi di bawah ini!

Data suatu perusahaan adalah sebagai berikut:

Data suatu perusahaan

2. Beban penjualan

Beban penjualan, yaitu beban-beban yang dikeluarkan dalam proses penjualan barang dagangan, mulai dari gudang penjual sampai ke tangan konsumen (pembeli). Akun-akun apa sajakah yang termasuk dalam beban penjualan? Akun-akun yang termasuk dalam kelompok beban penjualan, antara lain:

  • beban iklan,
  • beban gaji bagian penjualan,
  • beban penyusutan peralatan toko,
  • beban sewa toko,
  • beban pemakaian perlengkapan toko,
  • beban transportasi penjualan.

3. Beban administrasi dan umum

Beban administrasi dan umum, yaitu beban-beban yang dikeluarkan untuk melaksanakan aktivitas-aktivitas umum dan pelayanan kantor.

Kelompok beban umum, antara lain:

  • beban gaji karyawan kantor,
  • beban penyusutan peralatan kantor,
  • beban asuransi gedung dan peralatan kantor,
  • beban sewa gedung dan peralatan kantor,
  • beban pemakaian perlengkapan kantor,
  • beban umum lainnya.

4. Beban di luar usaha

Beban di luar usaha, yaitu beban-beban di luar aktivitas pokok perusahaan, antara lain:

  • beban bunga, dan
  • beban administrasi bank.

Bagaimanakah bentuk laporan laba rugi di perusahaan dagang? Samakah metode laporan keuangan yang digunakan perusahaan jasa dengan perusahaan dagang? Penyusunan laporan laba/rugi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu langkah tunggal (single step) dan langkah ganda (multiple step).

Laporan Laba/Rugi Bentuk Single Step

Laporan laba rugi bentuk single step didasarkan pada rumus perhitungan laba atau rugi berasal dari jumlah penghasilan dikurangi jumlah beban. Jika jumlah penghasilan lebih besar daripada jumlah beban, maka perusahaan akan memperoleh laba, sebaliknya jika jumlah penghasilan lebih kecil daripada jumlah beban, maka perusahaan akan menderita rugi.

Adapun bentuk laporan laba/rugi bentuk single step untuk kasus PD Sejahtera sebagai berikut:Laporan LabaRugi Bentuk Single Step

Dari hasil laporan laba rugi di atas dapat diketahui laba PD Sejahtera sebesar Rp109.824.000,00.

Laporan Laba/Rugi Bentuk Multiple Step

Berbeda dengan bentuk single step, penyusunan laporan laba/rugi bentuk multiple step dilakukan secara rinci untuk setiap komponen.Laporan LabaRugi Bentuk Multiple Step

Baca :

Dari laporan laba rugi bentuk single step dan multiple step menunjukkan hasil yang sama. Menurut pendapat Anda, mana yang lebih mudah, single step atau multiple step? [Ai]

Laporan Laba/Rugi (Income Statement) | admin | 4.5