Keanggotaan Koperasi

Keanggotaan Koperasi – Pada kesempatan ini admin Artikelind.com akan berbagi Keanggotaan Koperasi. Siapa saja yang berhak menjadi anggota dalam sebuah koperasi. Suatu perkumpulan harus mempunyai anggota perkumpulan, koperasi juga mempunyai anggota. Sifat keanggotaan koperasi bebas, sukarela, dan terbuka. Ini berarti bahwa seorang yang ingin menjadi anggota koperasi berdasarkan kesadaran dan kebebasan yang ada padanya, tanpa ada paksaan dari siapa pun.

Keanggotaan Koperasi

Keanggotaan Koperasi

Mereka yang dapat menjadi anggota koperasi di Indonesia, adalah sebagai berikut.

a. Orang Itu Harus Dewasa dan Mampu Melakukan Tindakan Hukum

Dalam hal ini berarti, anak-anak yang di bawah umur tidak dapat diterima menjadi anggota koperasi dan tidak dapat mendirikan koperasi di kalangan mereka sendiri.

b. Menyetujui Landasan Idiil, Asas, dan Sendi-sendi Dasar Koperasi

Seseorang yang hendak menjadi anggota koperasi, sebelumnya sudah mempelajari maksud dan tujuan koperasi yang bersangkutan dan juga landasan idiil, asas, dan sendi-sendi koperasi.

c. Sanggup dan Bersedia Memenuhi Kewajiban dan Hak sebagai Anggota Koperasi

Anggota koperasi harus mengetahui kewajibannya. Setelah kewajibannya dipenuhi barulah dapat menuntut haknya. Kewajiban sebagai anggota koperasi adalah sebagai berikut.

  • Melunasi bagian masing-masing simpanan anggota terutama simpanan pokok. Jumlahnya ditetapkan dalam anggaran dasar.
  • Menaati semua landasan, asas, sendi-sendi dasar koperasi, undangundang dasar yang ditetapkan oleh pemerintah RI. Demikian juga terhadap anggaran dasar serta peraturan yang ditetapkan oleh rapat anggota koperasi sendiri.
  • Menghadiri rapat anggota koperasi dan turut mengambil bagian dalam pembicaraan jika dirasa perlu. Kehadiran anggota sangat menentukan karena tidak adanya anggota maka rapat anggota tidak dapat dilaksanakan.

Bagaimana hak anggota koperasi? Hak anggota adalah sebagai berikut.

  • Berbicara dalam rapat anggota untuk mengemukakan usul atau pendapatnya.
  • Memilih dan dipilih sebagai anggota pengurus maupun anggota badan pemeriksa.
  • Meminta diadakan rapat anggota koperasi jika dirasakan olehnya untuk membicarakan sesuatu.
  • Mendapat pelajaran yang sama antara sesama anggota dalam koperasinya.
  • Mengawasi jalannya organisasi dan usaha koperasi menurut ketentuan-ketentuan dalam anggaran dasar koperasi.

Baca :

Kewajiban dan hak anggota dalam koperasi diatur dalam anggaran dasar koperasi beserta keputusan rapat anggota masing-masing koperasi yang bersangkutan menurut kepentingan bersama. [Ai]

Keanggotaan Koperasi | admin | 4.5