Karpet Terbang Bukan Mitos

Ilmuwan Berhasil Bikin ‘Karpet Terbang’ – Sosok pria menggunakan baju ala Aladdin bersama karpet terbang ajaibnya gegerkan jalanan New York. ‘Melayang terbang’ di atas karpet ajaibnya, pria tersebut sukses membuat warga New York heboh.

Pria yang belakangan diketahui bernama Jessi ini mendadak populer di media sosial karena video aksinya berdurasi 2 menit yang berjudul “ALADDIN MAGIC CARPET PRANK” ini diupload di Youtube dan berhasil menembus hingga 8 juta lebih penonton sejak diterbitkan 30 Oktober 2015 lalu.

Karpet Terbang Bukan Mitos

Karpet Terbang Bukan Mitos

Dalam video tersebut, terlihat Jessi ‘melayang terbang’ di atas karpet ajaibnya di jalan raya yang ramai. Sontak aksinya itu mampu mencuri perhatian banyak orang di sekitarnya. Tak sedikit dari mereka yang heboh dan tak ingin kehilangan momen untuk mengabadikan aksi itu dengan smartphonenya. Untuk mengetahui penjelasan kenapa bisa ada karpet terbang, berikut penjelasan logisnya.

Princeton – Para peneleti berhasil membuat ‘karpet terbang’ di sebuah laboratorium di Amerika Serikat (AS). Kini, manusia bisa terbang ala Aladdin. Seperti apa?

Para ilmuwan ini telah membuat miniatur karpet tersebut yang terbuat dari plastik konduktif fleksibel. Dalam hasil studi Princeton University yang diterbitkan di Applied Pgysics Letters, protorip karpet 4 inci ini mampu bergerak dengan kecepatan setengah inci per detik.

Menurut peneliti, perbaruan rancangan yang didorong gelombang arus listrik kantung tipis udara dari depan hingga belakang bagian bawah mampu meningkatkan kecepatan kecepatan karpet ini hingga 1 meter per detik.

“Kesulitan terletak pada kendali ketepatan gerak karpet yang bisa rusak pada frekuensi tinggi,” papar kepala peneliti James Sturm. Di sisi lain, kata ‘terbang’ pada karpet ini masih masuk tanda petik karena perangkat ini cenderung melayang dibanding terbang seperti pesawat.

“Perangkat ini masih harus dekat permukaan tanah karena udara akan diperangkat antara karpet dan permukaan tanah. Saat udara bergerak bersamaan karpet, pada dasarnya udara dipompa kembali,” tutup mahasiswa Noah Jafferis yang menciptakan perangkat ini.

Jadi Karpet Terbang Bukan Mitos lagi, manusia terus maju dan berkembang seiring berjalannya waktu, Hal-hal barupun tercipta yang terinspirasi dari hal-hal mitos dan cerita khayalan dari zaman dulu. [Ai]

Karpet Terbang Bukan Mitos | admin | 4.5