Honda Yamaha R15 Vs CBR150R

Honda Yamaha R15 Vs CBR150R – Persaingan motor sport full-fairing di pasar roda 2 nasional semakin sengit. Setelah Yamaha meluncurkan motor sport fairing R15, belum lama ini Honda menggebraknya dengan merilis CBR 150R yang sudah diproduksi di Indonesia yang pastinya lebih murah.

Kedua pabrikan sepeda motor itu sama-sama saling berebut segmen motor sport di Tanah Air. Nah, untuk itu mari kita simak keunggulan-keunggulan yang ditawarkan oleh Honda dan Yamaha di motor sport full-fairingnya.

1. Desain

Berbicara soal desain, R15 diklaim Yamaha merepresentasikan DNA R-Series yang tampil sebagai motor super sport sejati. Desainnya itu meliputi fitur-fitur desain body, full fairing, lampu depan ganda, speedometer, lampu belakang, key shutter, split seater, cover knalpot.

Desain bodi R15 mengadopsi DNA R-Series yang sporty dengan lampu utama ganda yang tajam (dual furious headlight), bodi belakang runcing dan tajam, fairing aerodinamis yang kekar, dan pengendalian yang diklaim mantap.

Lampu depan ganda R15 sporty dengan fitur AHO (Automatic Headlamp On) di sisi kiri dan lampu jauh di sisi kanan. Lampu belakangnya terinspirasi R6 dengan desain meruncing dan pelopor di kelasnya yang menggunakan lampu berteknologi LED.

R15 pun istimewa dengan split seater atau model jok terpisah dengan bahan jok anti slip seperti moge sport kelas dunia, yang membuat tampilan semakin sporty.

Selain itu, motor ini dilengkapi pula dengan tempat penyimpanan tools di bawah jok. Fairing dual-layer yang dinamis dan aerodinamis, dilengkapi lubang sirkulasi udara agar suhu mesin tetap terjaga juga sudah diadopsi oleh motor ini.

Belum selesai, speedometer-nya yang sporty menggabungkan instrumen digital dan analog serta multifungsi karena tersedia beragam indikator yang lengkap dan mudah terlihat.

Kunci utamanya dilengkapi key shutter (penutup lubang kunci) dan anak kunci model laser cut menjamin keamanan maksimal saat diparkir. Cover knalpot menggunakan aksen karbon karbon dan tertanam emblem bertuliskan R15.

Sedangkan desian Honda CBR 150R, Honda mengklaim CBR 150R merupakan motor sport premium dengan desain bodi yang terinspirasi oleh sepeda motor supersport kelas dunia, Honda CBR 1000RR.

Sekilas jika dilihat secara jauh memang terlihat tampilannya begitu menggoda. Ketika detikOto mencoba mendekati, ternyata cocok sekali dengan klaim yang dilontarkan Honda.

Tampilannya begitu agresif. Cover bodi fairingnya sangat ramping dan futuristik serta menyatu dengan undercowl untuk aerodinamika yang jauh lebih efisien serta handling yang mantap.

Paling mencolok lagi adalah tampilan headlamp. CBR 150R model lama hanya mengusung single headlamp sedangkan yang terbaru kini menggunakan double headlamp.

Ini menjadikan karakter tajam dan agresif pada  CBR 150R. Ditambah lagi lampunya sudah menggunakan teknologi AHO (Auto Headlight On).

Tampilan  CBR 150R versi Repsol sudah jelas begitu menggoda, tapi ketika detikOto melongok yang versi biasanya juga ternyata sama saja, aura sporti pada desainnya sangat kental.

2. Performa

Untuk jantungnya, R15 menggendong mesin berkapasitas 150 cc, 6 percepatan, berpendingin cairan, 4 katup, juga unggul untuk speed sensor, radiator, O2 sensor, ECU (Electronic Control Unit), berteknologi DiASil Cylinder, forged piston, Fuel Injection dan low friction technology.

Keunggulan performa terbaik R15 menjadikan akselerasinya lebih cepat namun tetap hemat bahan bakar sehingga ideal untuk berkendara sehari-hari.
Mesin          : 150 cc, Liquid Cooled, 4-Langkah, SOHC, Single Cylinder, 4 valve, Fuel Injection
PXLXT          : 1975 mm x 660 mm x 1070 mm
Tenaga         : 16,59 PS (12,2 kW) / 8.500 rpm
Torsi          : 14,5 Nm / 7.500 rpm
Berat Kosong      : 136 kg
Kapasitas Tangki  : 12 Liter
Tipe Rangka       : Deltabox
Tipe Transmisi    : Manual, 6-percepatan
Ban Depan & Belakang : 90/80-17M/C 46P & 130/70-17M/C 62S
Rem Depan & Belakang : Cakram 267mm & Cakram 220mm
Suspensi Depan       : Telescopic Fork
Suspensi Belakang    : Link Suspension, Monocross

Sementara untuk Honda CBR 150R, ini mengusung mesin ber-DNA motor balap 4-stroke, 150cc, DOHC, 4-valve, 6-speed, berpendingin cairan (liquid-cooled).

All New Honda CBR150R tercatat memiliki performa tinggi hingga mencapai tenaga 12,6 kW/10.500 rpm dan torsi 13,0 Nm/7.500 rpm.

Selain itu, motor ini juga hemat bahan bakar dan ramah lingkungan karena telah menerapkan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection) dengan standar emisi EURO 3.

3. Fitur dan Sasis

Keunggulan R15 lain yang diklaim Yamaha untuk motor ini adalah handling terbaik di kelasnya. Untuk urusan itu, semua hal seperti rangka delta box, pelek dan ban, sumbu roda, posisi berkendara, alumunium rear arm, suspensi monocross, double disc brake dan stang racing sudah diracik sedemikian rupa.

Delta box R15 menurut Yamaha digunakan pada R1 dan R6. Konstruksi delta box kuat dan kokoh serta mengadopsi teknologi MotoGP Yamaha sehingga membuat pengendalian mantap dan stabil saat kecepatan tinggi.Honda Yamaha R15 Vs CBR150R

Rancangan pelek model palang lima yang berdimensi lebar, kuat dan ringan, dibalut ban tubeless. Ban ekstra lebar dengan ban belakang ukuran 130/70 dengan lebar velg 3,5 inci membuatnya diklaim mampu mencengkeram aspal lebih sempurna dan stabil.

Jarak sumbu rodanya yang panjang dibuat untuk menjadikannya memiliki pengendalian lebih stabil saat berkendara dan saat menikung dengan cepat.

Sedangkan rear arm R15 yang berbahan alumunium merupakan yang pertama dan satu-satunya yang ada pada motor sport di Indonesia. Ini seperti yang digunakan di MotoGP. Pengendara pun dapat merasakan sensasi naik motor super sport saat mengendarai R15. Ini didukung desainnya berkonsep bodi depan merendah, bodi belakang meninggi dan tinggi jok pengendara 800 mm.

Sementara Honda CBR 150R didesain menggunakan rangka inovatif tipe truss atau trellis yang ringan namun memiliki kekuatan yang tinggi.

Rangka ini dirancang khusus untuk menunjang mesin, memaksimalkan kinerja sistem suspensi Pro-Link yang mampu mengurangi getaran mesin secara optimal, sehingga menghasilkan kestabilan, kelincahan dan kenyamanan selama berkendara.

All New Honda CBR150R juga hadir dengan rem cakram ganda, panel meter digital dengan informasi yang lengkap (speedometer, odometer, trip meter, fuel meter, jam dan suhu mesin), pijakan kaki berlapis aluminium, serta pengaman kunci bermagnet.

4. Harga

Dari segi harga, kedua motor sport full-fairing ini saling bersaing satu sama lain. Honda membanderol CBR 150R itu dengan harga Rp 28.500.000 dan Rp 29.100.000 untuk versi Repsol.

Sedangkan untuk Yamaha R15 pada saat diluncurkan dijual Rp 28.000.000 dan kini sudah mengalami kenaikan harga menjadi Rp 29.000.000 on the road Jakarta.

Honda Yamaha R15 Vs CBR150R | admin | 4.5
Leave a Reply