Contoh Surat Lamaran Kerja PT dan Bank yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja – Pengen lamar pekerjaan tapi ngak tahu cara buat surat lamaran kerja? di sini admin akan membantu anda membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Sebelum admin membagikan Contoh Surat Lamaran Kerja, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu syarat membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar berikut ini.

  1. Impresif. Tampilkan jati diri kita secara menarik. Isi surat hendaknya dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu arogan tetapi juga tidak terlalu merendah. Untuk Menarik minat calon atasan, kesan pertama sangat penting. Usahakan untuk menyusun surat yang ketika seseorang mulai membacanya, akan langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah kriteria kita
  2. Menyebutkan kualifikasi yang diraih. Prestasi kerja maupun pengalaman yang sukses harus disebutkan, untuk menunjukkan bahwa kita mempunyai prestasi dan pengalaman yang patut dipertimbangkan.
  3. Menggunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas dan padat. Gunakan bahasa yang sederhana dan ringkas. Anda mempunyai kesempatan untuk menjabarkan semuanya dalam kesempatan wawancara. Untuk saat ini, buatlah penjelasan yang singkat tetapi efektif.
  4. Kalimat yang efektif. Hindari kalimat yang tidak efektif, kalimat yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. Yang sering terjadi adalah penggunaan kata keterangan yang berulang-ulang, atau kata sambung yang berulang-ulang, yang menyebabkan kalimat terasa janggal, yang persis seperti kalimat yang sedang anda baca saat ini, yang menggunakan kata sambung “yang” secara berulang-ulang dan berlebihan.
  5. Bahasa Indonesia. Jika tidak diminta, hindari penggunaan bahasa Inggris, terutama jika kemampuan bahasa Inggris kurang baik. Jika bahasa Inggris kita bagus, boleh saja membuat surat lamaran berbahasa Inggris, yang tentu saja merupakan sebagai nilai tambah.
  6. Tujuan dan alasan melamar. Cantumkan tujuan dan alasan kita melamar. Biasanya tujuan yang sering disebutkan dalam surat lamaran adalah bahwa kita mempunyai kemampuan dan pengalaman yang memadai dalam bidang pekerjaan tertentu, dan dengan bergabungnya anda ke suatu perusahaan akan dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi perusahaan tersebut.
  7. Kerapihan. Gunakan kertas yang bagus, bersih dan rapih, tidak kusut, tidak tebal dan tidak mudah terkoyak. Jangan menulis atau mencetak dengan tinta yang terlalu tipis agar surat lamaran mudah dibaca, dan hindari penggunaan tip-ex.
  8. Tulisan tangan atau komputer. Lebih baik menggunakan komputer, kecuali perusahaan yang anda tuju mensyaratkan agar surat lamaran ditulis dengan tangan. Agar diperoleh kualitas tulisan yang setara dengan kualitas tulisan dari mesin cetak, sebaiknya gunakan printer inkjet atau laser, dan hindari penggunaan printer dot matrix karena akan memberi kesan kita orang yang tertinggal dalam hal teknologi. Gunakan jenis font standar, seperti Times New Roman untuk memberi kesan formal dalam Surat Lamaran Kerja Umum yang Baik dan Benar.

Contoh Surat Lamaran KerjaContoh Surat Lamaran Kerja PT

Makassar, 29 Oktober 2016
KEPADA:
Yth. Bapak/Ibu Bag. Personalia
PT. YAMAHA MOTOR Mfg WEST JAVA
Jl. Permata 1 Lot. BB-1, KAWASAN INDUSTRI KIIC KARAWANG, JAWA BARAT 41361

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya

Nama:

Tempat/tgl lahir:

Warga negara:

Agama:

Alamat sekarang:

No. Tlp:

Bersama ini saya mengajukan lamaran kerja melalui perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan persaratan sebagai berikut:
  1. Pas photo warna 4×6 2 lembar
  2. Foto copy KTP
  3. Foto copy Ijazah
  4. Foto copy SKHUN
  5. Foto copy Trankrip nilai
  6. Foto copy kartu kuning
  7. Foto copy SKCK
  8. Foto copy sertifikat-sertifikat (PKL DLL kalau punya)
  9. Foto copy akta kelahiran
  10. Daftar riwayat hidup
Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya Bapak / ibu dapat mempertimbangkan. Atas perhatiannya, kebijaksanaan dan dikabulkan permohonan ini saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Signature
(Nama jelas)

Contoh Surat Lamaran Kerja BANK

Makassar, 29 Oktober 2016

Kepada Yth,

HRD BANK RAKYAT INDONESIA

Cabang Jakarta Pusat

Jln. Jenderal Sudirman Kav. 44-46

Jakarta

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi adanya lowongan kerja di  Bank Rakyat Indonesia bagian Customer Service, maka dengan ini saya:

Nama                          :

Tempat/Tgl. Lahir       :

Alamat                        :

No. Hp                        :

Status                         :

Pendidikan Terakhir   :

Bermaksud untuk mengajukan permohonan penempatan pada posisi tersebut. Dan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  1. Curriculum Vitae
  2. Foto copy ijazah S-1 (legalisir)
  3. Foto copy Transkrip Nilai (legalisir)
  4. Foto copy KTP
  5. Pass photo terbaru
Demikianlah surat lamaran ini, sangat besar harapan saya untuk dapat bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, dan tentunya saya akan melakukan yang terbaik untuk Bank Rakyat Indonesia ini.
Atas perhatian dari Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Pemohon
Baca :

Demikianlah Contoh Surat Lamaran Kerja PT dan Bank yang Baik dan Benar bisa admin bagikan, semoga bermanfaat dan bisa membantu anda dalam membuat Surat Lamaran Kerja. Sukses selalu dunia akhirat AMIN…[Ai]

Contoh Surat Lamaran Kerja PT dan Bank yang Baik dan Benar | admin | 4.5
Leave a Reply