Ciri Ciri Wirausaha dan Karakteristik Wirausaha

Ciri Ciri Wirausaha dan Karakteristik Wirausaha – Pada kesempatan ini admin Artikelind.com akan berbagi mengenai Ciri Ciri Wirausaha dan Karakteristik Wirausaha. Sebelum kita melihat penjelasan Ciri Ciri Wirausaha dan Karakteristik Wirausaha terlebih dahulu kita lihat syarat-syarat wirausaha.

Syarat-syarat Wirausaha

Untuk menjadi seorang wirausaha tidaklah mudah. Diperlukan ketekunan dan kesabaran serta keuletan dalam usaha. Untuk itu, seorang wirausaha perlu memenuhi beberapa syarat, antara lain, sebagai berikut.

a. Beriman dan berbuat kebajikan

b. Mempunyai ilmu pengetahuan

c. Percaya diri

d. Berinisiatif, kreatif, dan disiplin

e. Memiliki karakter atau watak yang dijiwai oleh falsafah Pancasila dan UUD 1945

f. Semangat, berani, dan tanggung jawab atas usahanya

g. Cakap, cekatan, terampil, dan berdedikasi tinggi dalam berwirausaha

h. Berani menanggung segala risiko

i. Tidak konsumtif, boros, dan harus berhemat

j. Membela kepentingan umum

k. Bertekad kuat ingin maju

l. Mampu mempertimbangkan dan menyesuaikan dalam situasi dan kondisiWirausaha

Karakteristik Wirausaha

Karakteristik seorang wirausaha pada umumnya dapat dilihat pada saat berkomunikasi dalam rangka mengumumkan informasi maupun pada waktu menjalankan usaha dan menjalin hubungan dengan para relasi bisnis. Untuk itu, dalam menjalin hubungan bisnis dengan seseorang kita harus mengetahui karakteristiknya. Karena tanpa kita perhatikan karakternya bisa-bisa kita akan rugi sendiri apabila menjalin hubungan bisnis dengan orang yang berkarakter tidak baik.

Karakteristik adalah sesuatu yang berhubungan dengan watak, perilaku, tabiat, sikap seseorang terhadap perjuangan hidup untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin. Karakteristik seorang wirausaha yang baik akan membawa ke arah kebenaran, keselamatan, serta menaikkan derajat dan martabatnya.

Seorang wirausaha harus memiliki potensi dan motivasi untuk maju dalam segala situasi dan kondisi, serta mampu mengatasi masalah yang timbul tanpa mengharapkan bantuan dari pihak lain. Secara rinci karakteristik wirausaha ini terlihat dalam sikap dan jiwa yang harus dimiliki seorang wirausaha, adalah berikut ini.

a. Percaya Diri

Seorang wirausaha adalah orang yang percaya bahwa mereka mampu mencapai hasil yang mereka inginkan. Sikap percaya diri ini bukan sikap yang sombong, karena dilandasi oleh kesadaran mereka terhadap kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Sikap percaya diri akan mendorong seseorang untuk terus maju dengan kemampuan yang ada. Orang yang tinggi percaya dirinya adalah orang yang sudah matang jasmani dan rohaninya. Karakteristik kematangan seseorang dilihat dari rasa tanggung jawabnya yang tinggi, objektif, kritis, dan tidak tergantung orang lain. Emosional pun stabil, tidak mudah tersinggung, dan naik pitam.

b. Berorientasi Pada Tugas dan Hasil

Agar memperoleh keberhasilan dalam usahanya, seorang wirausaha harus bekerja prestatif. Apa maksudnya? Keberhasilan seorang dalam kehidupannya banyak ditentukan oleh usaha yang dilakukan sendiri dalam mengubah nasib. Orang ini biasa-nya lebih mengutamakan prestasinya baru kemudian setelah berhasil prestisnya akan naik.

c. Berani Menanggung Risiko

Berani menanggung risiko berhubungan dengan sikap keinginan untuk bertanggung jawab. Para wirausahawan siap menanggung risiko atas segala tindakan yang diambilnya. Dalam bertindak, wirausahawan akan memikirkan tindakannya secara matang, sehingga risiko yang akan muncul akibat tindakannya dapat diperkirakan.

d. Kepemimpinan

Seorang wirausaha merupakan pemimpin bagi dirinya sendiri dan orang lain. Mereka harus selalu mencari peluang, mengumpulkan dana, dan merekrut sumber daya manusia serta membimbingnya untuk mencapai tujuan. Dengan mengembangkan sikap, bakat, dan kemampuan akan mendorong dan memotivasi orang lain agar maju dan berhasil, serta memimpin orang lain dalam bentuk kerja sama.

e. Keorisinalan

Sifat orisinal tentu tidak selalu ada pada diri seseorang. Orisinal berarti tidak hanya mengekor pada orang lain, tetapi memiliki pendapat sendiri, ada ide yang orisinal, ada kemampuan untuk melaksanakan sesuatu.

f. Berorientasi ke Masa Depan

Seseorang wirausaha haruslah mempunyai visi ke depan apa yang hendak ia lakukan? Apa yang ingin dicapai? Sebuah usaha bukan didirikan hanya untuk sementara, tetapi untuk selamanya. Oleh sebab itu, seorang wirausaha akan menyusun perencanaan (planning) dan strategi yang matang agar jelas langkahlangkah yang akan dilaksanakan.

g. Kreativitas

Apa yang disebut kreatif? Apakah Anda pernah membuat sesuatu yang belum pernah dilakukan dan orang lain pun juga belum pernah membuat? Apakah itu yang disebut kreatif? Berikut ini akan disajikan pengertian kreatif oleh beberapa ahli.

  • Cony Semiawan (1997) menyatakan, kreatif adalah kemampuan untuk menghasilkan atau menciptakan suatu produk baru.
  • Wollfolk (1984) mengemukakan kreativitas sebagai kemampuan individu untuk menghasilkan sesuatu (hasil) yang baru atau asli atau pemecahan suatu masalah.

Jadi, dari pengertian tersebut di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kreatif adalah kemampan seseorang untuk membuat produk baru atau membuat kombinasi yang baru.

Ciri Ciri Wirausaha

Menurut Anda sifat apalagi yang harus dimiliki seorang wirausaha? Selain karakteristik yang harus dimiliki wirausaha seperti tersebut di atas, juga terdapat ciri-ciri yang harus dimiliki wirausaha.

Ciri-ciri wirausaha ini disebutkan dalam Instruksi Presiden No.4 Tahun 1995. Dalam Instruksi Presiden No.4 Tahun 1995 disebutkan bahwa untuk menjadi wirausaha yang andal, tangguh, dan unggul terdapat ciri-ciri yang harus dimiliki oleh wirausaha.

Ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut.

a. Karakteristik Wirausaha yang Andal

  • Memiliki rasa percaya diri dan sikap mandiri yang tinggi untuk berusaha mencari penghasilan dan keuntungan.
  • Mau dan mampu mencari dan menangkap peluang usaha yang menguntungkan serta melakukan apa saja yang perlu untuk memanfaatkannya.
  • Mau dan mampu bekerja keras serta tekun dalam menghasilkan barang dan jasa serta mencoba cara kerja yang lebih tepat dan efisien.
  • Mau dan mampu berkomunikasi, tawar menawar, dan musyawarah dengan berbagai pihak yang besar pengaruhnya pada kemajuan usaha terutama para pembeli/pelanggan.
  • Menghadapi hidup dan menangani usaha dengan terencana, jujur, hemat, dan disiplin.
  • Mencintai kegiatan usaha dan perusahaannya serta lugas dan tangguh, tetapi cukup luwes dalam melindunginya.
  • Mau dan mampu meningkatkan kapasitas diri sendiri dan kapasitas perusahaan dengan serta melakukan perluasan dan pengembangan usaha dengan risiko yang tidak terlalu besar.
  • Berusaha mengenal dan mengendalikan lingkungan serta menggalang kerja sama yang saling berkepentingan dengan perusahaan.

Dengan mengetahui ciri-ciri wirausaha yang andal, bisakah Anda menjadi seorang wirausaha yang andal? Setelah menjadi wirausaha yang andal kemudian menjadi wirausaha yang tangguh.

b. Karakteristik Wirausaha yang Tangguh

  • Berpikir dan bertindak strategis dan adaptif terhadap perubahan dalam berusaha mencari peluang keuntungan, termasuk yang mengandung risiko agak besar dan dalam mengatasi masalah.
  • Selalu berusaha mendapatkan keuntungan melalui berbagai keunggulan dalam memuaskan pelanggan.
  • Berusaha mengenal dan mengendalikan kekuatan dan kelemahan perusahaan (dan pengusahanya) serta meningkatkan kemampuan pengendalian dengan sistem intern.
  • Selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan ketangguhan perusahaan, terutama dengan pembinaan motivasi dan semangat kerja serta pemupukan permodalan.

Ternyata untuk menjadi wirausaha yang tangguh tidak mudah. Bisakah Anda menjadi wirausaha yang andal dan tangguh? Untuk selanjutnya menjadi wirausaha yang unggul.

c. Karakteristik Wirausaha Unggul

  • Berani mengambil risiko yang ditunjang oleh kemampuan memperhitungkan akibatnya dan berusaha menghindarinya.
  • Selalu berupaya mencapai dan menghasilkan karya bakti yang lebih baik untuk pelanggan, pemilik, pemasok, tenaga kerja, masyarakat, bangsa, dan negara.
  • Antisipatif terhadap perubahan dan akomodatif terhadap lingkungan
  • Kreatif dalam mencari dan menciptakan peluang pasar dan dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi
  • Selalu berusaha meningkatkan keunggulan dan citra perusahaan melalui investasi baru di berbagai bidang

Bisakah Anda menjadi wirausaha yang andal, tangguh, dan unggul? Dengan menjadi wirausaha andal, tangguh, dan unggul; segala kemungkinan dan risiko yang terjadi akan dilalui dengan mudah sehingga dapat menjadi seorang wirausaha yang sukses.

Demikianlah info Ciri Ciri Wirausaha dan Karakteristik Wirausaha dari admin artikelind.com, semoga bermanfaat. [Ai]

Ciri Ciri Wirausaha dan Karakteristik Wirausaha | admin | 4.5
Leave a Reply