Bisnis Sampingan Mahasiswa Tanpa Modal dan Modal Kecil

Bisnis Sampingan Mahasiswa – Jadi seorang Mahasiswa tidaklah mudah, banyak beban tanggunjawab yang harus dipikul. Tapi hal ini tidak menutup jalan bagi seorang mahasiswa melakukan Bisnis Sampingan Mahasiswa. Terkadang Mahasiswa yang memiliki latar belakang keluarga yang kurang mampu harus diperhadapkan dengan dilema biaya kuliah yang sulit untuk dipenuhi. Dengan pembayaran SPP yang terus meningkat dari tahun ke tahun dan biaya hidup setiap hari juga selalu meningkat membuat mahasiswa jadi tidak bisa fokus untuk menimba ilmu di bangku kuliah. Alhasil banyak Mahasiswa yang berusaha mencari Bisnis Sampingan untuk menutupi biaya kuliah dan biaya makan setiap harinya.

Bisnis Sampingan Mahasiswa

Bisnis Sampingan Mahasiswa

Mahasiswa yang memiliki latar belakang keluarga yang mampu mungkin tidak mengalamai dilema di atas. Tapi bagi mahasiswa dari desa yang menimba ilmu di kota menjadi momok yang sangat menakutkan untuk urusan yang satu ini. Berdasarkan pengalaman pribadi admin Artikelind.com yang dari desa ke kota untuk menimba ilmu di bangku kuliah harus diperhadapkan dengan masalah yang ada di atas. Selama kurang lebih 4 tahun mengejar mimpi untuk mendapatkan gelar S1 di Universitas Negeri Makassar dengan biaya pas-pasan membuat hidup selama 4 tahun menjadi sebuah perjalanan hidup yang tidak akan terlupakan. Harus pintar-pintar memanage uang saku yang diberikan oleh orang tua dan membagi waktu untuk belajar serta mencari cara untuk mendapatkan uang tambahan dari Bisnis Sampingan.

Tips jadi Mahasiswa Sukses

Sebelum admin membagikan beberapa Bisnis Sampingan Mahasiswa yang bisa dilakukan terlebih admin akan membagikan beberapa Tips agar anda bisa sukses jadi seorang mahasiswa.

  1. Belajar adalah tugas utama anda. Prioritas utama tetaplah belajar, bukan mencari uang atau hal-hal lain yang banyak dilakukan mahasiswa pada umumnya.
  2. Jangan lupakan orang tua anda. Ingatlah perjuangan orang tua anda di kampung, rela membiayai kita dengan penghasilan pas-pasan tetapi tetap berusaha dengan keras untuk memberikan yang terbaik buat anda. Walaupun uang saku yang diberikan terkadang tidak cukup untuk menutupi biaya hidup di kota.
  3. Batasi diri anda. Jangan sekali-kali ikut-ikutan dengan gaya anak kota karena gaya kehidupan mereka sangat berbeda dengan anda. Kebanyakan anak di kota memiliki latar belakang keluarga yang mapan, jadi wajar saja jika mereka punya fasilitas yang lengkap. Jangan jadikan fasilitas menjadi sebuah kendala dalam belajar karena bukan fasilitas yang membuat kita bisa belajar banyak hal akan tetapi kemaun keras untuk sukses di masa yang akan datang.
  4. Dapatkan Beasiswa. Target pertama untuk bisa mendapatkan beasiswa adalah memiliki IPK yang tinggi, jadi di tahun pertama belajarlah sekuat tenaga dan sekeras mungkin lebih dari teman kuliah anda. Agar nanti ketika ada kesempatan untuk mendapatkan beasiswa di kampus akan membuat jalan anda lebih ringan.
  5. Perbanyak ibadah. Dengan memperbanyak ibadah akan membuat pikiran, hati dan jiwa lebih tenang sehingga dalam aktivitas sehari-hari kita bisa lebih bijak dalam mengambil setiap keputusan.

Itulah beberapa tips yang bisa admin bagikan untuk bisa jadi mahasiswa yang sukses, sekarang mari kita lihat Bisnis Sampingan Mahasiswa yang bisa anda lakukan.

4 Bisnis Sampingan Mahasiswa Tanpa Modal

Jika anda melakukan beberapa tips yang sudah dipaparkan sebelumnya, maka anda sudah bisa berevolusi jadi seorang mahasiswa yang cerdas dan mandiri dan tentunya perjuangan anda di tahun pertama akan membuahkan hasil. Dari hasil perjuangan di tahun pertama bisa anda kerjakan beberapa Bisnis Sampingan Mahasiswa berikut ini.

1. Bisnis Sampingan Kursus Private

Bisnis kursus private merupakan bisnis sampingan yang tidak memerlukan modal. Namun bisnis ini menuntut mahasiswa yang menjalankannya mempunyai keterampilan dan keahlian khusus. Misalnya saja bisnis kursus private matematika, paling cocok bagi mahasiswa jurusan matematika. Kursus matematika banyak dicari orang tua murid, karena matematika diajarkan sejak pendidikan dasar dan diujikan pada ujian nasional. Ini merupakan ladang emas yang sebaiknya dicoba mahasiswa.

2. Bisnis Sampingan Jasa Penulis

Bisnis jasa penulis merupakan bisnis online mahasiswa yang hobi menulis. Selain menjadi penulis online mahasiswa dapat mencoba menjadi kontributor sebuah situs online. Bahkan dapat membuka jasa penulisan online, kemudian mempromosikannya di media sosial dan dunia maya. Jika tulisan Anda enak di baca manusia dan mesin pencari google, para pelanggan akan memberi nilai plus untuk bisnis online Anda.

3. Bisnis Sampingan Jasa Penerjemah

Bisnis jasa penerjemah merupakan bisnis sampingan yang cocok dijalankan mahasiswa jurusan bahasa, baik Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Arab, Bahasa Mandarin dan bahasa lainnya. Bisnis ini tidak membutuhkan modal, hanya membutuhkan keterampilan dan kefasihan berbahasa asing saja. Bahkan Anda dapat mulai menawarkan jasa kepada mahasiswa lain yang berbeda jurusan, seperti jurusan IT dan jurusan lainnya.

4. Bisnis Sampingan Menjadi publisher bagi seorang Blogger

Bisnis yang cocok bagi seorang bogger adalah menjadi publisher beberapa penyedia layanan iklan seperti Google Adsense misalnya. Bisnis ini bisa menjadi bisnis sampingan yang cukup keren karena Anda akan terhubung dengan jaringan global. Namun ada banyak hal yang harus dipelajari sebelum memulai bisnis ini. Karena setiap waktu harus terus update dengan tantangan yang baru. Ada banyak cara monetize blogger, seperti ikut PPC, pasang iklan, atau menjual produk dari blog. [Ai]

Bisnis Sampingan Mahasiswa Tanpa Modal dan Modal Kecil | admin | 4.5