Pengertian Artikel dan Contoh Artikel

Artikel  – Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur. Agar Anda lebih mengerti tentang artikel, berikut ini saya sajikan salah satu artikel yang saya kutip dari Wikipedia.

Artikel

Artikel

 

Thomas Hobbes dari Malmesbury

Thomas Hobbes (1588-1679) dilahirkan di Malmesbury, sebuah kota kecil yang berjarak 25 kilometer dari London.Ia dilahirkan pada tanggal 15 April 1588.Ketika Hobbes dilahirkan, armada Spanyol sedang menyerbu Inggris.Ayah Hobbes adalah seorang pendeta di Westport, bagian dari Malmesbury.Ayahnya bermasalah dengan pihak gereja sehingga melarikan diri dari kota tersebut dan meninggalkan Hobbes untuk diasuh oleh pamannya.

Pada tahun 1603-1608, Hobbes belajar di Magdalen Hall, Oxford pada usia 14 tahun.Menurut kesaksian pribadi Hobbes, ia tidak menyukai pelajaran fisika dan logika Aristoteles.Ia lebih suka membaca mengenai eksplorasi terhadap penemuan tanah-tanah baru serta mempelajari peta-peta bumi dan bintang-bintang.Karena itulah, astronomi adalah bidang sains yang mendapat perhatian dari Hobbes, dan terus digeluti oleh Hobbes.Kemudian pada masa kemudian, Hobbes juga menyesali karena ia tidak mempelajari matematika saat menempuh pendidikan di Oxford.

Pelbagai publikasi yang dilakukan Hobbes (dengan ditambah karya-karya lain tentang matematika dan terjemahan Iliad dan Odyssey karya Homeros dalam bahasa Inggris) membuktikan produktivitas Hobbes pada usia yang semakin lanjut.Hobbes berusia 63 tahun ketika “Leviathan” diterbitkan, dan ia terus menulis hingga umur 91 tahun ketika ia meninggal.Hobbes hidup bersama keluarga Cavendish yang memberinya perlindungan dam keamanan.Kemudian saat Charles II, mantan muridnya, mendapatkan kekuasaan di Inggris, Hobbes mendapat pengampunan karena ia lari ke Inggris dan berpihak ke kubu anti-monarki.

Kendati Hobbes memiliki pengikut setia di Inggris, namun ia lebih dihormati dan memiliki pengaruh di Perancis.Ia dianggap sebagai salah satu filsuf terbesar yang pernah ada, dan buku “Leviathan” menjadi terkenal di sana.

Hobbes meninggal pada tanggal 4 Desember 1679.Ia mengidap sakit serius sejak bulan Oktober dan seminggu sebelum meninggal ia terkena stroke.Hobbes dimakamkan di Hault Hukcnall, dekat Hardwick Hall. Di atas batu nisannya, terdapat perkataan yang ditulis oleh Hobbes sendiri: “Dia dalah seorang ahli, dan karena reputasinya dalam banyak ilmu, ia dikenal luas baik di dalam negeri maupun luar negeri.”

Berikut ini beberapa contoh artikel yang dirangkum sedemikian rupa diambil dari contoh artikel Islam, kesehatan, motivasi, dan contoh artikel pendidikan.

Kumpulan Contoh Artikel Kesehatan

Kumpulan Contoh Artikel Pendidikan

 

Kumpulan Contoh Artikel Teknologi

Kumpulan Contoh Artikel Menarik