Arti Lambang Koperasi dan Landasan Koperasi

Arti Lambang Koperasi dan Landasan Koperasi  – Pada kesempatan ini admin Artikelind.com akan berbagi Arti Lambang Koperasi dan Landasan Koperasi. Setelah kita mengetahu Pengertian Koperasi, sekarang kita akan belajar apa Arti Lambang Koperasi dan Landasan Koperasi. Setiap badan usaha memiliki lambang yang menggambarkan simbol tujuan usaha tersebut.

Arti Lambang Koperasi dan Landasan Koperasi
Lambang Koperasi Indonesia

Arti lambang koperasi, adalah sebagai berikut.

  • Rantai, menggambarkan persahabatan.
  • Gigi roda, menggambarkan usaha karya yang terus menerus dari golongan koperasi.
  • Kapas dan padi, menggambarkan kemakmuran rakyat yang diusahakan dan yang akan dicapai golongan koperasi.
  • Timbangan, menggambarkan keadilan sosial sebagai salah satu dasar dari koperasi.
  • Bintang dan perisai, menggambarkan Pancasila dan merupakan landasan idiil dari koperasi.
  • Pohon beringin, menggambarkan sifat kemasyarakatan yang berkepribadian Indonesia dan koperasi yang kokoh berakar.
  • Koperasi Indonesia, menggambarkan bahwa lambang ini adalah lambang kepribadian koperasi rakyat Indonesia.
  • Warna merah putih, menggambarkan sifat nasional dan golongan karya koperasi.

Landasan Koperasi

Tahukah Anda, apa yang harus dilakukan pertama kali dalam mendirikan bangunan? Seorang arsitektur pastilah merencanakan bahwa tahap awal untuk mendirikan sebuah bangunan adalah membuat pondasi. Pondasi ini yang menjadi landasan berdirinya sebuah bangunan.

Apakah fungsi landasan ini? Landasan ini berfungsi untuk menjaga agar bangunan yang didirikan tidak mudah goyah, miring, rusak, atau bahkan roboh. Demikian juga dengan koperasi. Pendirian koperasi pun memerlukan landasan yang kokoh. Apakah landasan koperasi tersebut? Landasan koperasi terdiri atas landasan idiil, landasan struktural, dan landasan mental. Masing-masing dijelaskan berikut ini.

a. Landasan Idiil

Telah ditetapkan oleh Undang-Undang Koperasi No. 25 Tahun 1992 Bab II bahwa landasan idiil koperasi adalah Pancasila. Pancasila merupakan jiwa dan pandangan hidup negara, bangsa, dan masyarakat Indonesia. Pancasila juga merupakan nilai-nilai unsur yang ingin diwujudkan oleh bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

b. Landasan Struktural

Selain menempatkan Pancasila sebagai landasan idiil koperasi Indonesia, UU No. 25 tahun 1992 Bab II juga menempatkan UUD 1945 sebagai landasan struktural koperasi Indonesia. Sebagaimana diketahui, UUD 1945 merupakan aturan pokok organisasi negara RI yang berdasarkan Pancasila. Dalam UUD 1945 terdapat berbagai ketentuan yang mengatur berbagai aspek kehidupan bangsa Indonesia dalam bernegara.

Baca :

c. Landasan Mental

Landasan mental koperasi Indonesia adalah setia kawan dan kesadaran berpribadi. Landasan itu tercermin dari kehidupan bangsa yang telah berbudaya, yaitu gotong royong. Setia kawan merupakan landasan untuk bekerja sama berdasarkan atas asas kekeluargaan. Kesadaran berpribadi merupakan rasa tanggung jawab dan disiplin terhadap segala peraturan sehingga koperasi akan terwujud sesuai dengan tujuan. [Ai]