Apa yang Telah Kamu Berikan Kepada Negaramu

Apa yang Telah Kamu Berikan Kepada Negaramu – Hari ini tanggal 17 Agustus 2012 tepat 67 tahun yang lalu Indonesia pertama kali merasakan sebuah kemerdekaan dari penjajah. Selama beratu-ratus tahun lamanya kita dijajah, ditindas tanpa perikemanusiaan dan keadilan di bumi pertiwi kita sendiri.

Para pahlawan dengan gagah berani mengorbankan jiwa raga, berjuang sampai tetes darah penghabisan hanya untuk mengangkat berderah putih ke puncak tertinggi, yaitu kemerdekaan. Korban berjatuhan di mana-mana, serbuan serdadu-serdadu penjajah dan hujan peluru tidak mematahkan semngat juang para pahlawan kita.

Hari ini tepat 67 tahun pengorbanan para pahlawan-pahlawan, akankah hal itu masih ada arti buat kita yang hidup di zaman kemerdekaan ini. Apakah pernah kita menundukkan kepala sejak, hanya sekedar untuk berterim kasih dan mendoakan para pahlawan-pahlawan kita. Sungguh suatu ironi, kemerdekaan yang diraih dengan pengorbanan ribuan nyawa dan bahkan jutaan nyawa disiak-siakan begitu saja.

Seandainya waktu bisa diputar kembali dengan izin sang khalik, akan kubawa seluruh pejabat-pejabat pemerintah untuk sekedar melihat dan menyaksikan perjuangan para pahlawan meraih kemerdekaan. Melihat dengan mata kepala sendiri, serbuan serdadu, hujan peluru, percikan darah dan teriakan para korban peperangan dan keluarga yang ditinggal.

Sungguh tidaklah Anda pantas menduduki sebuah jabatan, jika Anda tidak menangis, meraung, melihat betapa perjuangan merebut kemerdekaan tidak diperoleh dalam waktu singkat pengorabanan jiwa dan raga adalah tumbal untuk mempersembahkan sebuah kemerdekaan.

Wahai pejabat-pejabat, ingatlah kemerdekaan ini diraih dengan tetesan darah para pahlawan. Janganlah engkau merusak dan bahkan menghancurkan cita-cita para pahlawan kita untuk meraih kemerdekaan. Janganlah engkau menjajah rakyat sendiri, engkau dipilih karena kami yakin engkau bisa berbuat dan melakukan sesuatu untuk negeri ini. Sebagai persembahan kepada para pahlawan, dan engkau tidak akan malu ketika bertatap muka dengan para pahlawan di akhirat nanti. Bisa berkata dengan lantang, ” Warisan yang engkau berikan wahai para pahlawanku, yaitu kemerdekaan telah kujaga dan kurawat serta telah kubawa nama Indonesia menuju puncak tertinggi seperti engkau mengibarkan bendera merah di puncak tertinggi yaitu kemerdekaan”.

67 tahun telah berlalu, sangatnya bertanya kepada diri sendiri Apa yang telah kita lakukan untuk Negara Indonesia tercinta?[Ai]

Apa yang Telah Kamu Berikan Kepada Negaramu | Admin | 4.5
Leave a Reply