3 Sifat Wajib Pemimpin Perusahaan Masa Kini

3 Sifat Wajib Pemimpin Perusahaan Masa Kini – Beberapa tahun yang lampau, hanya mereka yang dianggap sebagai senior yang mampu menduduki posisi pucuk pimpinan sebuah perusahaan. Namun seiring perkembangan jaman, kini yang muda pun dapat meraih posisi tersebut asalkan memenuhi kriteria yang dibutuhkan. Terbukti banyak sekali generasi muda yang masih berusia 30-an sudah menjadi manager bahkan tak jarang yang menjadi CEO di sebuah perusahaan.3 Sifat Wajib Pemimpin Perusahaan Masa Kini

Menurut sebuah penelitian, banyaknya generasi muda yang menjadi pemimpin disebabkan oleh cita-citanya sendiri yang ingin menjadi seorang pemimpin transformasional yang juga mengedepankan kerjasama tim dan efisiensi proses. Banyak dari mereka yang membuat aturan sendiri untuk mencapai tujuan, namun berhasil lebih baik dari aturan yang sudah lama ada.

Inovasi merupakan salah satu cara mereka mencapai tujuan dan misi dari sebuah perusahaan. Namun inovasi memang tak cukup untuk menjadikan seorang sebagai pemimpin yang baik, mereka tetap harus mendapatkan pengalaman dan pelatihan kepemimpinan. Selain itu, pemimpin yang baik adalah mereka yang peduli akan kesejahteraan tim dan pekerjanya. Salah satu cara untuk menunjukkan kepedulian tersebut adalah dengan mengikutsertakan para pekerja di perusahaannya dalam program BPJS Ketenagakerjaan yang tentu sangat bermanfaat bagi kebutuhan masa depan karyawannya kelak.

3 Sifat Wajib Pemimpin Perusahaan Masa Kini

Terlepas dari hal tersebut, berikut tiga hal yang harus dimiliki untuk menjadi seorang pemimpin generasi baru.

Informatif

Menurut Schawbel, pemimpin yang baik haruslah memiliki sifat jujur dan terbuka kepada karyawannya. Rangkul kepercayaan karyawan dengan mempercayai mereka untuk melakukan hal yang sudah menjadi tugasnya. Ajak diskusi berikan informasi yang relevan, dan terbuka terhadap opini serta pendapat yang datang dari mereka. Perhatikan dan pedulikan mereka dengan cara mengakomodir segala kebutuhan dan permintaan mereka. Biarkanlah pintu ruangan Anda selalu terbuka sehingga karyawan tak perlu sungkan atau segan jika ada hal-hal yang perlu didiskusikan atau dibicarakan. Jika perlu hampiri mereka untuk menanyakan apakah ada kendala dan perkembangan terkait pekerjaan tertentu, sehingga menghilangkan gap di antara atasan dan karyawan.

Tak Perlu Malu Mengakui Kekurangan

Meski Anda merupakan seorang pemimpin pada perusahaan tersebut, bukan berarti apa yang Anda pikirkan atau lakukan selalu benar. Anda dan semua karyawan yang ada di perusahaan adalah sesama manusia yang bisa saja melakukan kesalahan sewaktu-waktu. Hal ini merupakan hal yang wajar terjadi, Anda tak perlu malu mengakuinya. Optimalkan anak buah yang Anda miliki untuk menutupi kekurangan yang Anda miliki, karena kalian merupakan satu tim yang harus saling membantu dan menutupi kekurangan satu sama lainnya.

Berpikiran Terbuka

Whitney Wolfe yang merupakan salah satu pendiri aplikasi kencan Tinder mengatakan bahwa Anda harus terbuka dengan anggota tim lainnya. Selalu terbuka untuk opini yang disampaikan anak buah Anda. Biarkan mereka merasa dihargai dengan mendengarkan opini dan saran yang datang dari banyak arah. Dengan demikian kalian tidak hanya akan menjadi tim yang solid, namun juga akan merasakan suasana kekeluargaan yang terbuka antara satu dengan yang lainnya. Membangun relasi dalam organisasi perusahaan, menumbuhkan chemistry di antara anggota tim adalah hal yang wajib dimiliki oleh pemimpin generasi baru. Sehingga seluruh anggota tim dapat mencapai tujuan dengan keselarasan dan tanpa perasaan tertekan.

Demikian tiga hal yang harus dimiliki oleh pemimpin masa kini. Apakah kalian sudah memiliki ketiga hal tersebut? Sudah siapkah Anda menjadi pemimpin masa depan demi kemajuan dan perkembangan perusahaan? Jangan lupa untuk sediakan BPJS Ketenagakerjaan untuk semua anak buah Anda untuk mendukung terciptanya jaminan kesejahteraan bagi para pekerja yang telah menjadi tim Anda selama ini.[Ai]

3 Sifat Wajib Pemimpin Perusahaan Masa Kini | admin | 4.5
Leave a Reply