15 Oktober Hari Besar Nasional Hak Asasi Hewan

15 Oktober Hari Besar Nasional Hak Asasi Hewan – Besok uda masuk tanggal 15 Oktober, tahukah anda tanggal 15 oktober ternyata diperingati sebagai Hari Hak Asasi Hewan. Ternyata bukan cuma manusia aja lho yang punya Hak Asasi ternyata Hewan sebagai makhluk ciptaan Tuhan juga memiliki Hak Asasi.

15 Oktober Hari Besar Nasional Hak Asasi Hewan

Hari Hak asasi hewan, juga dikenal sebagai kebebasan hewan, adalah ide bahwa hak-hak dasar hewan non-manusia harus dianggap sederajat sebagaimana hak-hak dasar manusia. Para pendukung mendekati masalah ini dari posisi filosofis yang berbeda, mulai dari gerakan proteksionis yang dicetuskan filsuf Peter Singer dengan fokus utilitarian terhadap penderitaan dan konsekuensi, daripada konsep hak itu sendiri sampai gerakan abolisionis yang dicetuskan profesor hukum Gary Francione, yang menyatakan bahwa hewan hanya butuh satu hak, yaitu hak untuk tidak dijadikan benda atau properti. Meski ada berbagai macam pendekatan, mereka semua setuju bahwa hewan harus dipandang sebagai orang non-manusia dan anggota komunitas moral, serta tidak digunakan sebagai makanan, pakaian, subjek penelitian, atau hiburan.

15 Oktober Hari Besar Nasional Hak Asasi Hewan

Hari Hak Asasi Hewan

 

Salah satu hal penting dalam hak asasi hewan adalah kesejahteraan hewan itu sendiri. Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE) mulai merintis pembuatan standar mengenai kesejahteraan hewan pada 2001 dan secara resmi diperkenalkan kepada negara anggota pada 2004. Pada tahun yang sama, OIE menyelenggarakan konferensi internasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran negara anggota dan menjelaskan tentang inisiatif OIE dalam menetapkan standar-standar tersebut.

Di Indonesia, Sesuai dengan Amanat Undang-Undang No. 16 Tahun 2009, dinyatakan bahwa kesejahteraan hewan adalah segala urusan yang berhubungan dengan keadaan fisik dan mental hewan menurut perilaku alami hewan yang perlu diterapkan dan ditegakkan. Yakni untuk melindungi hewan dari perlakuan setiap orang yang tidak layak terhadap hewan yang dimanfaatkan manusia. Adapun prinsipnya adalah perlakuan hewan secara wajar, alami dan terkendali atau perlindungan hewan dari tindakan semena-mena manusia.Prinsip Kesejahteraan Hewan dilaksanakan guna memenuhi kebutuhan dasar hewan dan melindungi hewan dari perlakuan manusia yang tidak wajar untuk mewujudkan lima kebebasan hewan yaitu :

  • Bebas dari rasa lapar dan haus;
  • Bebas dari rasa sakit, cidera dan penyakit;
  • Bebas dari ketidaknyamanan, penganiayaan dan penyalahgunaan;
  • Bebas dari rasa takut dan tertekan; dan
  • Bebas mengekspresikan perilaku alaminya

Mengapa harus ada Hak Asasi Hewan, sedangkan yang kita bela hak nya saja tidak peduli dengan nasib yang kita perjuangkan, mereka bahkan tidak pernah mengeluh atau berdemonstrasi ketika hak-hak mereka terampas, seperti dalam kasus pembantaian orang utan di hutan-hutan nusantara yang sangat menyakitkan karena mereka dianggap hama pengganggu. Fenomena sapi glonggongan yang masih saja berlangsung hingga kini, fauna langka di Kebun Binatang yang mesti mati tanpa perawatan, penyiksaan terhadap kucing liar tanpa sebab, pertunjukan topeng monyet yang diwarnai kekerasan dan masih banyak lagi perbuatan-perbuatan manusia yang sangat tidak manusiawi.

Tidakkah kita sadar, bahwa sebenarnya kita tidak hidup sendirian di dunia ini, ada mahluk hidup lain yang juga sama-sama memiliki hak untuk dapat hidup layak dan damai, tak terkecuali para hewan. Dalam keseharian, memang ada pula hewan parasit yang sifatnya merugikan manusia, namun pantaskah kita mempermasalahkan pelanggaran mereka (hewan) terhadap kita (manusia), karena bukankah hewan diciptakan tanpa akal budi seperti manusia, dan hanya dibekali insting semata untuk membela dirinya. Pernahkah kita berhitung besarnya presentasi kematian yang diakibatkan oleh hewan kepada manusia atau sebaliknya. Dan mungkin kita akan menemui fakta bahwa manusialah yang paling kejam di antara keduanya.

Manusia memang mahluk yang sempurna dan merupakan khalifah di muka bumi , jadi sudah sewajarnyalah bagi kita untuk memelihara, memanfaatkan dan melindungi keberadaan hewan sebagai sesama mahluk ciptaan Tuhan.[Ai]

Referensi :

https://indonesiana.tempo.co/read/23542/2014/10/16/indri2721/hak-asasi-hewan-dan-kesejahteraannya

https://id.wikipedia.org/wiki/Hak_asasi_hewan

15 Oktober Hari Besar Nasional Hak Asasi Hewan | Admin | 4.5
Leave a Reply