Tips dan Cara Memilih Popok untuk Bayi

Tips dan Cara Memilih Popok untuk Bayi – Masih banyak orangtua yang kebingungan memilih popok untuk anaknya. Saat ini banyak sekali dijual berbagai jenis popok kain dan popok sekali pakai. Namun semuanya berpulang pada kebutuhan anak dan keputusan Anda.Tips dan Cara Memilih Popok untuk Bayi

Popok kain punya kelebihan murah dan tidak menimbulkan ruam, namun Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mencuci. Sementara popok sekali pakai punya kelebihan praktis. Kekurangannya harga mahal dan tidak ramah lingkungan.

Cara Memilih Popok untuk Bayi

Karena saking banyaknya pilihan popok yang dipajang di rak-rak supermarket, mungkin Anda kesulitan memilih. Tapi tidak perlu bingung, Anda bisa membeli beberapa merk popok sekaligus tapi masing-masing merk tidak perlu banyak. Bandingkan popok tersebut dari segi:

  • Efektif dipakai. Pilih popok yang mampu menyerap pipis bayi lebih banyak ketimbang yang lain.
  • Kenyamanan. Buah hati Anda harus nyaman saat memakai popok dengan memilih yang berbahan llembut. Perhatikan pula perekatnya yang tidak mudah robek atau terbuka dengan sendirinya.
  • Aman dalam arti pas dengan bentuk tubuh buah hati Anda agar tidak terjadi kebocoran saat pipis maupun buang air besar.
  • Diciptakan khusus misal untuk bayi perempuan dan laki-laki. Popok ada pula yang khusus malam hari dengan daya tampung yang lebih banyak.
  • Harganya sepadan atau tidak dengan manfaatnya
  • Kemudahan dicari di toko/supermarket

Tips Memilih Popok untuk Bayi

Di bawah ini kami berikan kiat memilih popok sekali pakai yang umum digunakan banyak orangtua. Perlu diingat popok mahal belum tentu cocok untuk anak Anda.

Ukuran sangat penting. Popok yang kebesaran mengakibatkan bocor dan popok terlalu kecil akan membuat anak tidak nyaman. Jadi Anda harus benar-benar tahu berat dan ukuran bayi. Coba berbagai ukuran untuk menemukan ukuran popok yang cocok.

Jangan terjebak pada satu merek. Anda harus mencoba berbagai merek sampai benar-benar tahu mana yang popok yang cocok. Popok dengan merk terkenal belum tentu cocok untuk anak Anda

Cobalah popok yang umum dipakai. Popok yang laku biasanya sedikit lebih murah dan cocok untuk anak. Popok yang murah dan kadang-kadang lebih baik daripada popok bermerek yang lebih mahal.

Pusat penitipan menggunakan popok sekali pakai. Jika Anda menitipkan anak di siang hari biasanya mereka selalu meminta orangtua membawa popok sekali pakai. Itu karena popok sekali pakai sangat praktis.

Jika memungkinkan, pilih popok bayi ramah lingkungan. Popok jenis ini biasanya mahal tapi menjamin perlindungan total pada anak.

Minta pendapat orangtua lain. Jika masih bingung menentukan popok cobalah minta referensi pada orangtua lain. Biasanya mereka akan merekomendasikan popok yang dipakai anaknya. Memang belum tentu cocok untuk anak Anda tapi setidaknya Anda punya referensi yang cukup.[Ai]

Tips dan Cara Memilih Popok untuk Bayi | Admin | 4.5