Cara Membedakan Batu Asli dan Sintesis

Cara Membedakan Batu Asli dan Sintesis – Anda sebagai salah satu orang yang suka mengoleksi batu permata, batu akik, batu mulia, batu mustika, atau apalah yang pasti batu-batu yang semacam itu?. Jika iya Anda adalah sebagai salah seorang pecinta batu mulia, tentu dalam mendapatkan batu mulia ini Anda menginginkan batu yang benar-benar asli dihasilkan dari alam bukan batu mulia yang hanya numpang nama tapi keadaan sebenarnya adalah buatan alias palsu. Yang menjadi permasalahan Anda sekarang adalah, mungkin Anda masih bingung untuk membedakan mana yang batu asli dan mana yang palsu (sintetis). Mulai sekarang Anda tidak perlu bingung lagi, karena pada kesempatan kali ini pembahasan kita adalah tentang bagaimana cara membedakan batu sintetis dan asli.

Cara Membedakan Batu Asli dan Sintesis

Batu Asli dan Sintesis

 

Pada akhir-akhir ini batu mulia atau batu akik memang menjadi tren semua masyarakat, terutama Anda yang suka mengoleksi batu akik. Sehingga tidak sedikit mereka yang berlomba-lomba memburu mendapatkan batu akik. Dan pada akhirnya ada beberapa oknum yang mengambil kesempatan dengan keuntungan yang besar batu akik palsupun diperjual belikan. untuk membedakan batu sintetis dan asli memang bukan hal mudah. Terkadang dengan harga yang mahal pun tidak bisa menjamin keaslian batu mulia jika Anda membeli batu mulia tersebut pada orang yang kurang dapat dipercaya. Maka yang terpenting untuk Anda adalah kehati-hatian serta tidak langsung terburu-buru ketika akan membelinya.

Cara Membedakan Batu Sintesis dan Asli

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar bisa membedakan batu sintetis dan asli. Adapun cara untuk mengetahui batu akik itu palsu atau asli yaitu pertama dengan melihat dari beratnya. Batu mulia yang asli memiliki berat yang lebih daripada batu mulia atau yang palsu (sintesis), sehingga jika batu tersebut dipegang maka berasa lebih berat dan padat. Selain berat, Anda juga bisa membedakannya dengan melihat dari suhu batu. Batu mulia yang asli dari biasanya memiliki kaca dan lebih dingin. Anda bisa mengeceknya dengan menempelkan batu tersebut ke kulit Anda yang sensitif, seperti bagian leher atau pipi Anda.

Tidak hanya berat dan suhu batu yang dijadikan sebagai cara untuk membedakan batu sintetis dan asli, batu mulia ini juga bisa dibuktikan keasliaannya dengan membenturkan 2 batu yang Anda miliki. Jika kedua batu mulia tersebut asli, maka akan keluar percikan seperti api dan untuk membuktikannya Anda bisa mencoba di tempat yang gelap agar lebih kelihatan percikannya (Untuk bahan mentahan saja). Pada umumnya, batu mulia asli dari alam mempunyai serat alami. Berbeda dengan batu mulia yang sintetis / palsu biasanya serat yang terdapat pada batu terlihat seperti adanya gelembung. Hal ini disebabkan karena adanya mineral yang terjebak di dalamnya ketika dalam proses pembuatan batu tersebut.

Baca juga :

Selain itu, Anda juga bisa membedakan batu sintetis dan asli dengan cara memanaskan batu ke api, maka akan mengeluarkan minyak jika batu tersebut asli. Dan ketika dilap dengan kain, batu ini akan kembali mengkilap seperti semula. Berbeda dengan batu akik yang palsu, jika dipanaskan ke api akan meninggalkan bekas kusam dan tidak menarik untuk dipandang.

Demikianlah informasi singkat mengenai Cara Membedakan Batu Asli dan Sintesis, semoga bermanfaat. [Ai]

Cara Membedakan Batu Asli dan Sintesis | Admin | 4.5
Leave a Reply