Khasiat Kulit Buah-buahan

Wednesday, April 18th, 2012 - Kesehatan

Khasiat Kulit Buah-buahan – Mengkomsumsi buah-buahan bagi setiap orang adalah suatu keharusan mengingat gizi yang terkandung dalam buah-buahan. Tapi mungkin masih banyak orang tidak mengetahui ternyata kulit buah-buahan memiliki khasiat tersendiri. Kebanyakan dari kita mengkomsumsi buah-buahan dengan cara mengupas kulit buah-buahan. Padahal kulit buah-buahan banyak mengandung gizi.

Makanan merupakan sumber asupan energi dan juga nutrisi yang sangat penting bagi tubuh kita. Namun kita perlu mengetahui dengan baik karakter dari makanan kita, agar mendapatkan hasil yang maksimal dari makanan tersebut. Satu contoh adalah ketika kita mengkonsumsi buah. Banyak pertanyaan diseputar masalah ini apakah perlu dikupas ataukan tidak ?.

Dari beberapa penelitian diungkapkan ternyata banyak buah yang menyimpan kandungan zat pentingnya (Nutrisinya) dikulitnya. Tentunya bila kita mengupasnya akan mengurangi dari kandungan nutrisinya, contohnya apel. Namun ada kekhawatiran juga bagaimana dengan kandungan residunya ?.

Dari penelitian tersebut diungkapkan juga bahwa sebaiknya kita tidak mengupas buah ketika mengkonsumsinya, cukup dengan dicuci hingga bersih. Bila masih ragu ditambah juga dengan pembersih yang dikhususkan untukl buah. Bila Masih ragu-ragu dengan kandungan residunya sebaiknya mengkonsumsi buah-buah organik.

Kekhawatiran akan residu pestisida yang tertinggal di kulit buah membuat banyak orang takut mengonsumsi buah-buahan secara langsung. Padahal, beberapa jenis buah seperti apel menyimpan nutrisi yang penting tepat di bawah kulitnya.

“Kalau kulitnya dikupas, tentu vitaminnya bisa ikut terbuang. Memang ada nutrisi di daging buah tapi biasanya sedikit,” kata dr Inge Permadhi, ahli gizi dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Karena itu, ia menganjurkan agar buah-buahan dimakan langsung dengan kulitnya.

Untuk meminimalkan residu pestisida, dr Inge memberikan tips untuk mencuci buah dengan air hangat dan sabun kemudian dibilas dengan air mengalir. Saat ini juga tersedia sabun khusus untuk mencuci buah yang bisa digunakan. Jika Anda masih khawatir, bisa juga mengonsumsi buah-buahan organik.[Ai]

DMCA.com Protection Status blog Academics Blogging Fusion Blog Directory Top academics blogs