Mengapa Anda Menjadi perokok?

Mengapa Anda Menjadi perokok?

Merokok dapar menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin

Kalimat tadi pasti ada di setiap bungkus rokok. Akan tetapi, mengapa Anda masih merokok?

Meski semua orang tahu akan bahaya yang ditimbulkan akibat rokok, belum juga surut dan tampaknya merupakan perilaku yang masih dapat ditoleransi oleh masyarakat. Hal ini dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah, kantor, angkutan umum maupun di jalan-jalan. Hampir setiap saat dapat disaksikan dan dijumpai orang yang sedang merokok. Bahkan jika orang merokok di sebelah ibu sedang menggendong bayi sekalipun, orang tersebut tetap tenang mengembuskan asap rokoknya. Ironisnya, orang-orang yang ada di sekeliling acapkali tidak peduli.

Pada awalanya mungkin Anda merokok hanya untuk sekedar coba-coba atau hanya untuk style, ingin dibilang anak nakal sehingga ditakuti sama teman-teman sebaya. Tapi ketika Anda terus menkomsumsi rokok dan tidak mengetahui apa dampak dari merokok, maka anda akan mengalami kecanduan dan tidak banyak orang yang bisa berhenti merokok.

Kalau Anda pikir dan renungkan kembali, maka akan didapati dampak negatif rokok lebih banyak dari pada dampak positif dan ketika Anda sadar, Anda sudah jauh terjerumus sehingga susah untuk kembali ke waktu ketika Anda belum merokok.

Lebih memperihatinkan lagi, usia merokok setiap tahun semakin muda. Bila dulu orang mulai berani merokok di usia SMP, sekarang dapat dijumpai anak-anak usia SD sudah mulai merokok secara sembunyi-sembunyi

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Silvan Tomkins, ada 4 tipe perilaku perokok. Keempat tipe tersebut adalah :

  1. Tipe perokok yang dipengaruhi oleh perasaan positip
  2. Tipe perokok yang dipengaruhi oleh perasaan negatif
  3. Perilaku merokok karena kecanduan psikologi (psychological addiction)
  4. Perilaku merokok sudah menjadi kebiasaan.[Ai]

Mengapa Anda Menjadi perokok? | Admin | 4.5
Leave a Reply